Breaking News:

BUMN yang Penghasilannya di Bawah Rp 50 Miliar Akan Dijual ke Swasta, Kata Erick Thohir

"Saya ingin mendorong BUMN yang revenue-nya (pendapatannya) Rp 50 miliar ke bawah ya enggak usah BUMN, swasta saja, kita jual," ujar Erick Thohir

Tribunnews
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Menteri BUMN, Erick Thohir, berencana menjual BUMN yang pendapatan di bawah Rp 50 miliar

Menurut Erick Thohir, perusahaan-perusahaan BUMN seharusnya berperan sebagai lokomotif besar dan harus mampu bersaing dengan pasar global.

"Saya ingin mendorong BUMN yang revenue-nya (pendapatannya) Rp 50 miliar ke bawah ya enggak usah BUMN, swasta saja, kita jual," ujar Erick Thohir di hadapan para pengusaha yang tergabung di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dalam acara Digital Technopreneur Fest, Jumat (19/11/2021).

Ia mengatakan BUMN seharusnya juga berperan mengintervensi pasar nasional pada kondisi tertentu.

"(BUMN berperan) untuk mengintervensi pasar ketika keseimbangan ekonomi tidak terjadi," ujarnya.

Baca juga: KABAR BAIK, Lowongan Kerja BUMN Terbaru di PT Geo Dipa November 2021 Gaji Menarik, Daftar di Sini

Erick pun mendorong para pengusaha nasional untuk bangkit di masa pandemi ini karena pemerintah sudah memberikan berbagai fasilitas untuk mendukung pemulihan dunia usaha.

Ia ingin pengusaha dalam negeri bisa terus tumbuh dan berdaya saing sehingga potensi besar pasar di Indonesia, bisa dinikmati oleh investor lokal, bukan oleh investor asing.

Menurutnya, hal tersebut bukanlah menunjukkan Indonesia anti terhadap investor asing.

Hal itu dilihat sebagai upaya untuk memastikan bahwa potensi yang ada di dalam negeri bisa benar-benar dimanfaatkan dan berdampak pada perekonomian nasional.

"Saya yakin kita tidak mau negara kita hanya jadi market. Kalau pun terbuka dengan asing, harus memastikan pertumbuhannya di Indonesia bukan di negara mereka," katanya.

"Maka ini kesempatan untuk HIPMI berkolaborasi (dengan BUMN). Saya terbuka, tinggal bagaimana kongkretnya," ujar Erick Thohir. (Penulis : Yohana Artha Uly)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Mau Jual BUMN yang Pendapatannya di Bawah Rp 50 Miliar"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved