Breaking News:

Xpora BNI Bantu UMKM Jabar Go Internasional

Xpora adalah program yang diluncurkan BNI dalam rangka menggarap ekosistem ekspor dan diaspora.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Xpora yang diluncurkan BNI membantu UMKM untuk go internasional. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai bank internasional yang terus berusaha meningkatkan kapabilitas para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) meluncurkan Xpora.

Xpora merupakan one stop solution hub bagi para pelaku UMKM agar dapat Go Productive, Go Digital, dan Go Global. 

Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal, mengatakan bahwa Xpora adalah program yang diluncurkan BNI dalam rangka menggarap ekosistem ekspor dan diaspora.

Diaspora disasar karena memiliki potensi besar dan bisa dikembangkan BNI melalui jaringan cabang-cabang di luar negeri yang  mumpuni dalam mengeksplorasi serta mengeksploitai potensi ekonomi yang bisa disumbangkan melalui ekspor.

"Kenapa bicara ekspor, karena terlebih dalam  kondisi pandemi begini, ekspor menjadi penopang kita," ujar Iqbal di Kantor BNI Kanwil Bandung, Kamis (18/11/2021).

Ke depan, kata Iqbal, BNI percaya jika fokus kepada hal ini, juga sesuai penugasan dari Kementerian BUMN yang meminta BNI menjadi bank internasional dan fokus pada perdagangan dan ekspor, serta digital, maka BNI Expora akan  menjadi pembeda untuk bersaing ke depan dengan bank lain. Saat ini, menurut Iqbal, Xpora telah hadir di 7 kota yaitu Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Dalam kesempatan yan sama, Pemimpin BNI Wilayah 04 – Bandung Edy Awaludin, mengatakan bahwa Xpora hadir secara khusus di Bandung untuk meningkatkan kapabilitas bisnis UMKM di Jabar.

Xpora dapat membantu UMKM dengan memberikan berbagai nilai tambah seperti solusi dengan orientasi ekspor, pemberdayaan bisnis ekspor, solusi transaksi non tunai, aktivasi digital, kemudahan akses pasar, hingga solusi keuangan mudah dan terintegrasi, peningkatan Kapabilitas. 

“Xpora adalah solusi terintegrasi bagi UMKM Ekspor baik dari sisi pembiayaan, transaksi, dan akses informasi. Ketiga hal tersebut kerap kali menjadi kendala bagi UMKM untuk maju dan berkembang,” ujar pria yang akrab disapa Edo.

Edo mengatakan bahwa salah satu layanan utama dari Xpora adalah Business Matching, di mana UMKM lokal dapat dipertemukan dengan buyer yang ada di luar negeri. Dengan demikian, pangsa pasar UMKM, termasuk UMKM Jawa Barat dapat menembus pasar global melalui Xpora.

Pada 15 Oktober 2021 lalu, Xpora Bandung telah melakukan Business Matching antara SBE Priangan (PT Hana Mandiri Sejahtera, industri pengolahan ubi) dengan Forest Harvest Hong Kong yang merupakan nasabah Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI Hong Kong. Sehingga hasil bumi Jawa Barat akan dapat dinikmati oleh konsumen di Hongkong.

“Selain itu, BNI Wilayah 04 juga telah memiliki UKMN Binaan yaitu CV Frinsa Agrolestari, yang telah melakukan ekspor 13 Ton Green Bean Coffee ke Minneapolis, USA. Dengan adanya Xpora di Bandung, tentu ke depannya akan semakin banyak UMKM Jawa Barat yang eksis di kancah global. Untuk informasi lebih lanjut terkait Xpora, dapat mengakses https://xpora.digi46.id/,” tutup Edo.

Sementara salah seorang pelaku usaha, Irawan, mengatakan bahwa ia memilih Expora BNI karena banyak hal yang memudahkan dia dalam melakukan ekspor usaha jaringnya.

"Ini sebuah terobosan, baru BNI yang bisa seperti ini, makanya saya memilih Xpora BNI untuk melakukan ekspor bisnis saya," ujar Irawan.

Baca juga: Cerita Nasabah BNI Xpora Bisa Ekspor Keripik Ubi hingga ke Korea Selatan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved