Breaking News:

Tempat Wisata di Bandung

Pelataran Kampung Korea Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Bandung, Begini Suasananya

Bangunan dan pernak-pernik di Kampung Korea ini dibuat semirip mungkin aslinya, kini jadi tempat wisata di Bandung yang menarik.

Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman
Suasana di Pelataran kampung Korea yang berada di kawasan Kiara Artha Park, Jalan Jakarta, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kota Bandung memiliki destinasi wisata baru bernama Pelataran kampung Korea (Pelakor).

Lokasi tempat wisata di Bandung itu berada di kawasan Kiara Artha Park, Jalan Jakarta, Kota Bandung.

Bangunan dan pernak-pernik di Kampung Korea ini dibuat semirip mungkin, mulai dari ornamen hingga tulisan petunjuknya yang dilengkapi aksara Korea.

Kampung Korea ini sebelumnya sempat ditutup selama satu tahun akibat pandemi Covid-19. Kini, warga dan wisatawan sudah dapat kembali berkunjung dan menikmati suasana Korea di Kota Bandung.

Baca juga: Libur Nataru, Seluruh Obyek Wisata di Majalengka Ditutup, Akan Berlaku Penyekatan

Marketing Communication Kampung Korea, Fikri Budiman mengatakan, sebelum kembali dibuka pada hari ini, pihaknya sudah melakukan beberapa perubahan.

"Kurang lebih hampir setahun (vakum), kita hidupkan kembali dan make over lah dari nol sampai sekarang," ujar Fikri Budiman, di Kampung Korea, Kiara Artha Park, Kamis (18/11/2021).

Salah satu perubahan itu, kata dia, kini hadir sejumlah tenant UMKM yang didesain bergaya Korea. Para UMKM itu, kata dia, menjual beragam makanan dan fashion yang tentunya berkonsep Korea.

Bangunan bergaya Korea untuk tenant UMKM itu merupakan bantuan dari pengelola untuk para UMKM agar lebih menarik dan memancing pembeli. Saat ini, sudah ada 40 UMKM baik kuliner maupun fashion yang ada di kampung Korea.

"Sebenarnya, kita ingin lebih giat untuk mendukung UMKM-nya, kita fokus ke UMKM karena untuk yang sebelumnya hanya memberikan space untuk barang siapa yang mau masuk tapi tidak dibantu, kalau kita juga bantu men-developt para UMKM," ucapnya.

Masuk ke kampung Korea ini juga gratis. Selain dapat bersiwata kuliner, wisatawan juga dapat menyewa hanbok atau baju khas orang Korea untuk berfoto-foto. Harga sewa pun beragam untuk dewasa Rp 100 ribu dan anak-anak Rp 50.

"Ciri khasnya sendiri sih dari bangunan kita ambience ketika pengunjung datang, kita akan memberikan bagaimana caranya mereka ada di Korea dengan adanya tempat foto yang berbau nuansa Korea dan ada tempat penyewaan baju Korea juga dan lainnya," katanya.

Baca juga: Pengelola Wisata Sebut Ada Ulah Jahil Bikin Rambu Jalan di Wisata Panyaweuyan Majalengka Rusak

Selain budaya Korea, kata dia, pihaknya terbuka untuk budaya lain agar semakin memeriahkan tempat tersebut. Sebab, tujuan utamanya dihidupkan Kampung Korea ini untuk meningkatkan pariwisata Kota Bandung.

"Konsepnya sebenarnya sih kita tuh pelataran kampung Korea sebenarnya bergerak di bidang pariwisata kemudian kita ada food and beverage juga dan sebenarnya sih goals kita adalah menyatukan banyak budaya di sini makanya namanya kita tuh pelataran Korea culture space," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved