Breaking News:

Petani Cianjur Terpaksa Pilih Pupuk Non Subsidi, Harganya Tak Jauh Beda dengan Pupuk Subsidi

Petani di Cianjur saat ini memilih pupuk non subsidi karena harganya hampir sama dengan pupuk subsidi.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Kawasan lahan pertanian di Cianjur yang siap untuk ditanami 

Laporan Wartawan TirbunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Petani di Cianjur saat ini memilih pupuk non subsidi karena harganya hampir sama dengan pupuk subsidi.

Hal tersebut dirasakan oleh petani hortikultura, di Gunungputri, Desa Sukatani Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Seorang petani Hortikultura, Isak (45), mengatakan, sudah beberapa bulan terakhir tidak lagi mengambil jatah pupuk subsidi dari kios obat yang ditunjuk pemerintah di desanya karena harganya tak jauh beda dengan pupuk non subsidi.

Baca juga: Petani Mengeluh Sulit Dapat Pupuk Subsidi di Karawang, Mentan Minta Polisi Lakukan Penyelidikan

"Hal ini terjadi sekitar 4 bulan lamanya, saya tak lagi menebus pupuk subsidi dari pemerintah. Selain harganya yang tak jauh beda dengan non subsidi, dari kualitas ke tanamanpun lebih bagus yang non subsidi," kata Isak, Rabu (17/11/2021), di Cianjur.

Isak mengatakan, luas lahan kebun yang ia garap sekitar 4 ribu meter. Estimasi menghabiskan pupuk kisaran 250 kilogram ditambah lagi harus menggunakan pupuk non subsidi.

"Kalau hanya mengandalkan, pupuk subsidi hasil panen pun tidak akan maksimal. Artinya tetap saja yang jadi andalan itu pupuk non subsidi," ujarnya.

Menurutnya, tak hanya pupuk subsidi yang menjadi permasalahannya. Seperti harga pestisida saat ini terus melambung tinggi sehingga berdampak pada penghasilan.

"Jika dikalkulasikan antara modal dan penghasilan tidak jauh beda, kadang bisa balik modal saja sudah beruntung," katanya.

Petani lainnya, Awing (40) mengatakan, selama ini dirinya tak pernah mengambil atau beli pupuk subsidi dari pemerintah. Selain kualitas yang dinilainya kurang bagus, dari sisi harga tidak jauh beda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved