Breaking News:

Buntut Temuan Kasus Covid-19, Ratusan Pelajar dari 30 Sekolah di Kota Cirebon Jalani Tes Swab Acak

Para pelajar terlihat mengantre saat hendak diperiksa oleh tenaga kesehatan (nakes) yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
Pelajar saat menjalani tes swab PCR di SDN Pulasaren 2, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Selasa (16/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Cirebon menjalani tes swab PCR secara acak, Selasa (16/11/2021).

Mereka terlihat mengantre saat hendak diperiksa oleh tenaga kesehatan (nakes) yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, tes acak kali ini merupakan rangkaian evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Kota Udang.

Baca juga: Naik Kereta Api tak Perlu Lagi Tes Swab PCR, Cukup Rapid Test Antigen, tapi Simak Syarat Lainnya

Terlebih, menurut dia, pada pekan lalu ditemukan sejumlah pelajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil tes swab acak.

"Ini tindak lanjut dari temuan kasus Covid-19 di kalangan pelajar," ujar Agus Mulyadi saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (16/11/2021).

Ia mengatakan, Satgas Covid-19 Kota Cirebon memperluas jangkauan tes swab acak bagi kalangan pelajar yang telah mengikuti PTM terbatas sejak beberapa waktu lalu.

Selain itu, sampel yang diambil juga bervariasi dan disesuaikan jumlah siswa di tiap sekolah yang menyelenggarakan PTM terbatas sejak September 2021.

"Uji sampel ini dilakukan terhadap pelajar di 30 satuan pendidikan (sekolah), dari mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA se-Kota Cirebon," kata Agus Mulyadi.

Baca juga: Tidak Ada Tes Swab Acak, Juhana Klaim Tak Ada Pelajar Positif Covid-19 di Kabupaten Bandung saat PTM

Agus menyampaikan, uji petik tersebut ditargetkan rampung dalam tiga pekan mendatang dan di setiap lembaga sampel yang diambil mencapai 10 persen dari total populasi.

Pihaknya berharap, para pelajar yang menjalani tes swab PCR acak itu hasil pemeriksaan laboraturiumnya dinyatakan negatif Covid-19.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi pelajar di Kota Cirebon yang terpapar Covid-19, dan kami ingatkan pihak sekolah agar memerhatikan protokol kesehatan selama PTM terbatas," ujar Agus Mulyadi.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved