Breaking News:

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum: Ekonomi Jabar Bangkit dan Merata Pascapandemi

Pemda Provinsi Jabar terus berupaya menggerakkan perekonomian perdesaan beriringan dengan pertumbuhan ekonomi di perkotaan sebagai salah satu strategi

(Foto: Aldien Shubhi/Biro Adpim Jabar)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau BUMDes Niagara di Desa Wangisagara, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jumat (12/11/2021). 

BANDUNG, TRIBUN - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terus berupaya menggerakkan perekonomian perdesaan beriringan dengan pertumbuhan ekonomi di perkotaan sebagai salah satu strategi untuk bangkit pascapandemi COVID-19 di Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong desa yang sudah maju dan memiliki kemandirian ekonomi untuk menularkan keberhasilannya ke desa-desa di sekitarnya. Di masa digitalisasi dan revolusi industri 4.0 ini, katanya, peluang ekonomi bukan hanya milik kawasan perkotaan.

Pak Uu, sapaan Wagub Jabar, mengatakan Pemda Provinsi Jabar pun terus berupaya meningkatkan perekonomian di perdesaan di antaranya dengan menghadirkan berbagai program di desa. Hal ini selalu diiringi peningkatan pemerataan teknologi informasi di tingkat desa.

"Martabat masyarakat desa meningkat, kalau ekonominya hebat, kalau pendidikan dan kesehatannya juga hebat," kata Pak Uu saat meninjau BUMDes Niagara di Desa Wangisagara, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jumat (12/11/2021).

Pak Uu pun menuturkan bahwa Pemda Provinsi Jabar terus berupaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat perdesaan melalui Desa Juara. Desa Juara sendiri memiliki beberapa program turunan seperti One Village One Company (OVOC) dan Desa Digital.

"Saya ke sini karena memang desa di sini BUMDes-nya luar biasa. Di mana ini bisa ditiru oleh desa-desa yang lain. Kehebatan desa ini harus juga berkolaborasi dengan desa tetangga. Saya menyampaikan ke kepala desa, agar desa sekitar di sini ikut nanam saham di desa ini, tetapi harus diperhitungkan dengan matang, dilihat prospeknya dan dilihat akan ada perluasan dalam bidang apa," imbuhnya.

BUMDes Niagara, misalnya, telah melebarkan sayap bisnisnya mulai dari pengelolaan pasar tradisional, koperasi simpan pinjam, jual beli produk kerajinan, hingga pengelolaan sarana olahraga dan tempat wisata.

"Harapan, desa ini kemajuannya bisa merambat ke desa-desa tetangga, minimal satu kecamatan. Ujungnya Desa Juara di Kecamatan Majalaya bukan hanya di sini," kata Pak Uu.

Perlu digarisbawahi, katanya, dalam rangka meningkatkan ekonomi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil tidak hanya ingin ekonomi meningkat. D samping itu, ingin juga ada pemerataan ekonomi dari kota sampai desa.

Menurut Pak Uu, pemerataan ekonomi melalui pembangunan perdesaan perlu dilakukan karena mayoritas masyarakat Jabar tinggal di desa. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved