Breaking News:

Tebing Setinggi 10 Meter Longsor di Ciamis, Anak-anak Harus ''Muter'' 3 Km ke Sekolah

“Jalan gang tidak bisa dilewati sama sekali. Timbunan longsor cukup tinggi dan becek lumpur. Jalan kaki tidak bisa lewat apalagi sepeda motor,”

Dokumen Warga/Nanang Mulyana
Tebing setinggi 10 meter longsor saat hujan lebat mengguyur Dusun Tenjolaya RT 01/07, Desa Sindangherang Panumbangan, Ciamis, Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 17.30. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID.CIAMIS- Tebing setinggi 10 meter longsor saat hujan lebat mengguyur Dusun Tenjolaya RT 01/07, Desa Sindangherang Panumbangan, Ciamis, Minggu (14/11/2021) sekitar pukul 17.30.

Longsor runtuhan tebing tersebut menimbun jalan gang sehingga tidak bisa dilewati baik oleh sepeda motor maupun pejalan kaki. Tiga rumah warga yang berada di bawah tebing jalan terancam.

“Jalan gang tidak bisa dilewati sama sekali. Timbunan longsor cukup tinggi dan becek lumpur. Jalan kaki tidak bisa lewat apalagi sepeda motor,” ujar Nanang Mulyana (50), warga Dusun Tenjolaya RT 01/07 kepada Tribun, Minggu (14/11/2021).

Gang yang tertimbun longsor tersebut menurut Nanang menghubungkan jalan desa dengan lingkungan tiga RT masing-masing RT 01 dan RT 04 di RW 07 serta RT 01 di RW 08.

“Ada tiga RT yang terancam terisolasi. Ada jalan alternatif, namun cukup jauh muter 3 km ke arah desa. Jadi besok kalau anak-anak mau sekolah harus muter ke arah jalan desa sejauh 3 km tersebut,” katanya.

Baca juga: Khawatir Longsor Susulan dari TPT yang Ambruk, Kepala Keluarga di Sumedang Selatan Ini Diungsikan

Karena hujan masih turun, menurut Nanang, warga belum bergotong royong untuk menyingkirkan timbunan longsor yang menutup jalan gang tersebut.

“Rencananya besok saja (Senin, 15/11) pagi gotong royongnya. Kalau sekarang dipaksakan takut terjadi  longsor susulan. Hujan masih turun, gelap lagi,” ujar Nanang.  

Untuk menyingkirkan timbunan longsor dari jalan gang tersebut, menurut Nanang, hanya bisa dilakukan secara manual.

Alat berat tidak bisa masuk karena jalan sempit. Dalam kondisi normal, jalan itu hanya bisa dilewati sepeda motor.

Jalan gang yang tertimbun longsor tersebut katanya sudah direncanakan untuk dibangun tembok penahan tebing (TPT). “Itu rencana desa, tapi keburu longsor," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved