Breaking News:

Jabar Kembangkan Kawasan Tuntas Sampah, Tiga Titik jadi Pilot Project, Termasuk di Cimahi & Antapani

Jabar kini tengah mengembangkan Kawasan Tuntas Sampah. Tiga daerah jadi pilot project.

freepik
Ilustrasi membuang sampah 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perumahan dan Permukiman Jabar akan mengembangkan Kawasan Tuntas Sampah.

Tiga wilayah dipilih untuk dijadikan pilot project yaitu Cianting di Kabupaten Purwakarta, Kota Cimahi, dan Kecamatan Antapani di Kota Bandung.

Kepala Bidang Infrastruktur Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat Isma Andini mengatakan ketiga titik ini akan menjadi pilot project kawasan tuntas sampah melalui TPS3R atau Tempat Pembuangan Sementara Reduce - Reuse - Recycle.

“Di kawasan tuntas sampah ini akan ada TPS3R, ada pemilahan sampah bernilai tinggi dan bernilai rendah. Untuk sampah yang basah dan organik ada pengembangan belatung dan kemudian setelah itu ada insenerator (pembakaran) juga,” ujar Isma melalui siaran digital, Minggu (14/11/2021).

TPS3R adalah tempat pembuangan sementara reduce - reuse - recycle.

Untuk inseneratornya juga, kata dia, akan menggunakan produk dalam negeri buatan PT Pindad yang sudah melalui uji mutu dan SNI.

“TPS3R dalam pilot project mudah-mudahan dapat dikembangkan di seluruh tempat atau kawasan Jawa Barat sehingga dapat memperpanjang usia TPA (tempat pembuangan akhir),” ujar dia.

Terkait banjir, kata Isma, penanganannya merupakan aksi bersama.

Pihaknya sendiri merupakan pengendalian pemanfaatan ruang tentunya memiliki peran untuk kawasan terbangun yang sudah cukup banyak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved