Breaking News:

Air Genangan Waduk Cirata Mulai Naik, Wisatawan Diimbau Waspada

Air genangan di Waduk Cirata Jangari mulai naik seiring masuknya musim hujan.

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Kawasan genangan Cirata Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Minggu (14/11/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Setelah sempat turun sekitar 20 meter, permukaannya air di genangan Cirata mulai berangsur naik.

Ketua ODTW Tirta Jangari Hendra Hendrawan mengimbau pengunjung wisata berhati-hati dan tetap waspada.

Hendra mengatakan, kenaikan permukaan air dinilainya sudah mulai berangsur kurang lebih dua pekan terakhir seiring hujan yang terus mengguyur kawasan Cianjur.

"Iya benar, saat ini permukaan air Waduk Cirata Jangari sudah mulai berangsur naik, kami imbau pengunjung wisata berhati-hati dan waspada," kata Hendra Hendrawan, Minggu (14/11/2021) di Jangari.

Hendra mengatakan, kenaikan air kadang tak disadari, banyak yang dulunya tanah dan batu yang belum terendam kini terendam.

"Faktor naiknya genangan waduk Cirata Jangari ini, salah satunya saat ini sudah mulai masuk ke musim penghujan. Sehingga beberapa aliran air yang datang ke Cirata menjadikan air naik meski tidak signifikan," ujarnya.

Menurutnya, puncaknya air kembali naik ada di bulan Maret hingga Juni nanti.

"Tapi, kalau saya perhatikan, naiknya permukaan air ini tidak begitu cepat. Kadang kembali merosot, masih belum stabil," katanya.

Dikatakan Hendra, dengan kondisi cuaca yang terbilang ekstrem seperti sekarang ini tentu sangat berdampak pada tingkat kunjungan yang datang ke Jangari.

"Hingga saat ini hujan masih terus menerus turun, ditambah lagi kalau badai menghadang tak sedikit bangunan yang rusak. Begitu juga dengan tingkat kunjungan pun sangat berdampak sekali," katanya.

Baca juga: Kadar Oksigen di Waduk Cirata Cianjur dalam Kondisi Merah, Lima Alat Berat Diturunkan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved