Breaking News:

Masuk Kawasan Metropolitan Rebana, Majalengka Obral Peluang Investasi, Punya Daerah Industri Baru

Di Majalengka kini banyak daerah industri karena masuk kawasan Metropolitan Rebana.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kawasan Kertajati Industrial Estate Majalengka di Kecamatan Kertajati. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka, Jawa Barat masuk dalam kawasan utama regional Metropolitan Rebana di wilayah timur laut Provinsi Jawa Barat.

Majalengka ditemani dua kabupaten lain seperti Cirebon, Subang, dan tiga daerah penyangga seperti Indramayu, Sumedang dan Kuningan.

Kawasan Rebana adalah kota metropolitan ketiga yang akan dimiliki Jawa Barat setelah Bodetabek, dan Bandung Raya.

Bukan hanya itu, Majalengka juga digadang-gadang menjadi kawasan industri baru seiring dengan pesatnya pembangunan infrastruktur, seperti Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Tol Cikopo Palimanan, Pelabuhan Patimban, dan Tol Cisumdawu yang kini sedang dikebut pengerjaannya.

Selain iming-iming, pemerintah Provinsi juga akan merelokasi industri dari Bandung Raya ke wilayah timur laut yang tidak lain adalah Majalengka.

Apalagi, belum lama ini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berhasil meraih sejumlah komitmen kerja sama dengan tiga negara dalam lawatannya ke luar negeri selama sepekan.

Diketahui, dalam perjalanan dinasnya ke luar negeri, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menyambangi tiga negara, yakni Belanda; Glasgow, Skotlandia; dan Dubai, Uni Emirat Arab.

Komitmen kerja sama itu diketahui akan lebih menguatkan kawasan Segitiga Rebana.

Pemerintah Kabupaten Majalengka menyambut peluang tersebut dengan mengamparkan 'karpet merah' seiring telah diajukannya Peraturan Daerah Rencana tentang Detail Tata Ruang (Perda RDTR) per tahun 2020 lalu dan sedang tahap evaluasi di tingkat Provinsi.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved