Ormas-ormas di Jabar Ditantang Bikin Film Pendek pada Event Ormasday, Maksimalkan Teknologi

Lomba yang merupakan bagian dari event Ormasday#1, ini mendorong ormas-ormas di Jabar melek medsos dan teknologi informasi

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Kepala Bakesbangpol Jabar, Raden Iip Hidajat 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat mendorong organisasi-organisasi masyarakat (ormas) di Jawa Barat untuk memaksimalkan teknologi informasi, di antaranya multimedia dan media sosial, melalui sebuah lomba film pendek atau video.

Lomba yang merupakan bagian dari event Ormasday#1, ini mendorong ormas-ormas di Jabar melek medsos dan teknologi informasi. Melalui video atau film pendek yang dibuat, mereka bisa menceritakan peran ormas di tengah masyarakat dan aktivitas-aktivitas ormas selama ini.

Kepala Bakesbangpol Jabar, Raden Iip Hidajat, mengatakan dalam lomba ini, ormas membuat video atau film pendeknya, kemudian mengunggahnya di instagram ormas yang bersangkutan.

Baca juga: Pemkot dan MUI Bandung Vaksinasi Ulama, Dai, dan Anggota Ormas Islam, Percepat Herd Immunity

"Apa yang mereka lakukan atau kerjakan sebagai ormas dituangkan dalam bentuk video. Kemudian video ini akan mewakili wajah-wajah mereka, peran mereka, apa yang dilakukan untuk masyarakat," kata Iip saat ditemui di Kantor Bakesbangpol Jabar, Jumat (12/11/2021).

Ia mengatakan, penilaian atau penjuriannya akan dilakukan oleh netizen dan juri yang telah ditunjuk. Kemudian akan dipilih pemenang kompetisi video sebanyak 10 pemenang untuk 10 kategori.

"Gubernur akan memberikan apresiasi kepada para pemenang. Pemenang akan mendapat sertifikat dan uang pembinaan," katanya.

Sebanyak 63 ormas, katanya, sudah mendaftar dan mengirimkan videonya. Sedangkan di Jabar sendiri, terdapat 1.355 ormas. Namun, hanya sekitar 500 yang masih aktif, 500 ormas harus diverivikasi ulang, dan sisanya sudah tidak aktif.

Kegiatan puncak Ormasday ini, katanya, akan dilaksanakan di Hotel Horison Bandung pada 16 November 2021. Dalam kesempatan tersebut perwakilan dari ormas-ormas di Jabar di antaranya akan mendapat pembinaan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Baca juga: Ramai Soal Bentrok Ormas, Ternyata Bandung Kondusif Karena Adanya Langkah Antisipasi Seperti Ini

"Tentunya dengan protokol kesehatan ketat. Dalam kesempatan itu ormas akan berkomunikasi dengan Gubernur. Mereka dapat memberikan koreksi dan rekomendasi untuk pemerintah," katanya.

Ia mengatakan kesempatan ini untuk mendorong ormas adaptif terhadap kemajuan teknologi dan go digital. Selama ini banyak pihak yang tidak siap terhadap digitalisasi dan membuatnya ketinggalan berbagai informasi.

Ormas-ormas di Jabar pun akan terus didorong untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.
Seperti saat pandemi Covid-19, ujarnya, banyak ormas yang terlibat penanganan Covid-19, dari mulai vaksinasi sampai penyediaan oksigen.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved