Breaking News:

PLN Hadir, Desa Wangunsari Berhasil Terlistriki

PT PLN (Persero) UP3 Cianjur terus bergerak untuk menerangi negeri, termasuk wilayah Cianjur Selatan. Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional

dok. pln
PLN berikan akses listrik ke Desa Wangunsari 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR,  - PT PLN (Persero) UP3 Cianjur terus bergerak untuk menerangi negeri, termasuk wilayah Cianjur Selatan. Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-76, PLN memberikan kado bagi warga tiga kampung di Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, sehingga dapat menikmati terangnya listrik. Kampung Nagrak, Kampung Gunung Empuk dan Kampung Sindangsari akhirnya dapat mengakses listrik yang andal dan nyaman. Sebanyak 100 KK sudah terdaftar sebagai pelanggan PLN dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah.

Menurut penuturan Kepala Dusun Nagrak, Ade Mustofa, sebelumnya warga mengandalkan kincir atau turbin dengan memanfaatkan aliran sungai Cidaun untuk penerangan. “Tentunya tidak maksimal (seperti listrik PLN), karena jika musim kemarau tiba, pasokan air berkurang dan penerangan menjadi redup”. Kepala Sekolah Dasar di Kampung Nagrak yakni SDN Sukamanah, Wiwin Supriatin bahkan menambahkan bahwa peralatan elektronik penunjang belajar mengajar seperti laptop belum dapat difungsikan dengan baik.

Kampung Nagrak sendiri menjadi lokasi diresmikannya listrik yang dihadiri langsung oleh Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, S.T, M.A.P. Peresmian di lokasi kampung elok yang memiliki pemandangan alam hijau lengkap dengan air terjunnya itu berlangsung pada hari Sabtu, 6 November 2021.

“Menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran PLN UP3 Cianjur yang telah sukses bersama masyarakat menerangi Desa Wangunsari, dan mendukung program pemerintah Kabupaten Cianjur, Cianjur Caang,” ungkap Bupati Cianjur dalam sambutannya. Bupati juga menyebut bahwa upaya PLN melistriki Desa Wangunsari merupakan sebuah perjuangan yang luar biasa.

Terletak 155 km jauhnya dari pusat kota Cianjur dan memakan waktu tempuh 8 jam perjalanan, mencapai lokasi penyalaan listrik merupakan tantangan yang harus dilalui oleh PLN. “Dengan kontur wilayah yang berbukit-bukit, menembus hutan melewati kondisi jalan yang berbatu dan kelokan tajam, PLN berhasil menyelesaikan pekerjaan jaringan listrik untuk Desa Wangunsari,” ujar Manager PT PLN (Persero) UP3 Cianjur, Muhammad Hermansyah, S.T, M.T.

Anggaran yang digelontorkan pun mencapai Rp 2,3 miliar. Manager PLN Cianjur menguraikan bahwa anggaran sejumlah tersebut digunakan untuk membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 5,1 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah 3 kilometer, 3 gardu distribusi dengan total kapasitas 150.000 VA, 103 tiang beton dan 58 tiang besi.

“Dengan adanya fasilitas listrik yang memadai, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas warga, menggerakkan roda perekonomian dan kegiatan belajar mengajar pun dapat berlangsung

secara optimal di era digital sekarang ini,” ujar Hermansyah. Tidak lupa Bupati pun berpesan agar listrik yang sudah dihadirkan dengan penuh perjuangan dan biaya yang tidak sedikit dapat digunakan untuk menunjang kegiatan beribadah.

Komitmen PLN untuk terus menerangi sampai ke pelosok negeri tak pernah surut. PLN pun turut mengajak pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk ikut menjaga aset PLN. Jika menemukan gangguan ataupun kerusakan pada infrastruktur kelistrikan, pelanggan cukup mengadukan via PLN Mobile yang bisa diunduh di PlayStore atau AppStore. Aplikasi PLN Mobile semakin nyaman, nikmati seluruh layanan PLN hanya dari genggaman.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved