Breaking News:

Demi Udara Bersih dan Keseimbangan Lingkungan, Bupati Anne Terapkan RTH Sebesar Ini di Perkotaan

Penataan ruang wilayah perkotaan tengah menjadi perhatian besar Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Kantor Bupati Purwakarta, Kamis (11/11/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Penataan ruang wilayah perkotaan tengah menjadi perhatian besar Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya tengah berupaya mewujudkan kawasan perkotaan menjadi pusat perdagangan, jasa, pariwisata, pusat pemerintahan dan pendidikan dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan.

"Kami sudah sering rapat analisis dan penyusunan konsep RDTR Kawasan Perkotaan di Kabupaten Purwakarta, kita utamakan keseimbangan terhadap lingkungan," ujar Anne ketika diwawancara usai rapat di Kantor Bupati Purwakarta, Kamis (11/11/2021).

Ia mengungkap, maksud dan tujuan dari kegiatan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Purwakarta, berfungsi untuk mewujudkan pelaksanaan perizinan investasi terpadu secara daring atau Online Single Submission (OSS) untuk menyusun RDTR di lokasi OSS yang telah di sepakati di wilayah Kabupaten Purwakarta.

"Kami lakukan sesuai aturan, karena RDTR ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 11 Tahun 2021," kata dia.

Ia menekankan agar setiap konsep RDTR mengutamakan area atau ruang terbuka hijau (RTH), karena hal itu merupakn fungsi utama dari keseimbangan lingkungan.

"Sebagaimana diatur dalam Pasal 29 ayat 2, Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 Tentang Penataan Ruang, proporsi ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota," ungkapnya.

Anne berharap, dengan tersedianya ruang terbuka hijau di Kabupaten Purwakarta diharapkan jadi penyeimbang ekosistem dalam kota.

"Kesimbangan lingkungan itu berguna untuk meningkatkan ketersediaan udara bersih yang diperlukan masyarakat selain meningkatkan nilai estetika kota," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved