Breaking News:

Pemulihan Ekonomi, Masyarakat Diajak Beli Produk UMKM Jabar di Blanjakeun, Ada Subsidi Ongkir

KPED Jabar menghadirkan sebuah tempat pemasaran UMKM dari Bandung Raya, Majalengka, Sumedang, Garut dan Purwakarta di Bandung dengan nama Blanjakeun

TRIBUNJABAR.ID/PUTRI PUSPITA
Pembukaan Toko Blanjakeun oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Kusmana Hartadji dan Ketua Harian KPED Jabar, Ipong Witono, di Bober Cafe Jalan LLRE Martadinata No. 123, Bandung, Rabu (10/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia hampir pada dua tahun terakhir ini menurunkan kesempatan berusaha, termasuk UMKM.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia, 87,5 % UMKM termasuk di Jawa Barat terdampak pandemi.

Kondisi ini menyebabkan banyaknya UMKM yang menurun kegiatan usahanya, hingga terhenti.

Divisi UMKM, Penerbitan dan Ekraf, Komite Pemulihan Ekonomi Daerah (KPED) Provinsi Jawa Barat, melihat perlu adanya keberpihakan pemerintah dalam mendukung pemasaran produk UMKM.

KPED Jabar pun menghadirkan sebuah toko atau tempat pemasaran untuk pelaku UMKM dari Bandung Raya, Majalengka, Sumedang, Garut dan Purwakarta di Kota Bandung dengan nama Blanjakeun.

Suasana Toko Blanjakeun yang ada di Bober Cafe, Jalan LLRE Martadinata No.123, Kota Bandung, menghadirkan produk terbaik UMKM Jabar.
Suasana Toko Blanjakeun yang ada di Bober Cafe, Jalan LLRE Martadinata No.123, Kota Bandung, menghadirkan produk terbaik UMKM Jabar. (TRIBUNJABAR.ID/PUTRI PUSPITA)

Ketua Harian KPED Jabar, Ipong Witono mengatakan dalam rangka pemulihan di sektor UMKM, rekan komunitas UMKM yang tergabung dalam asosiasi ataupun komunitas bisnis bisa bergabung di Blanjakeun.

"Ini merupakan salah satu model yang mungkin sudah banyak dilakukan juga, tetapi yang membedakan adalah kolaborasi pemerintah dengan masyarakat sangat nyata, terlihat dari anggaran yang sudah didorong produk-produk yang terbaik dari para pelaku," ujar Ipong dalam peresmian Blanjakeun di Bober Cafe, Jalan Riau, Rabu (10/11/2021).

UMKM yang sudah lolos kurasi adalah 176 yang nantinya mereka akan lebih mudah memasarkan produknya.

Selain itu, UMKM bisa langsung menerima pembayaran karena tidak seperti mereka masuk ke toko atau supermarket yang pembayaran dengan sistem konsinyasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved