Breaking News:

Ambeien Mengganggu, Berikut Obat Alami untuk Atasi Wasir

Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus.

Editor: Siti Fatimah
istimewa
ilustrasi wasir 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Ambeien atau wasir bisa dialami siapa saja, entah itu kaum lelaki maupun perempuan. Mereks yang usia muda juga bisa terkena penyakit ini.

Dikutip dari alodokter, Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus.

Wasir merupakan penyakit yang dapat menyerang segala usia, namun umumnya lebih sering menimbulkan keluhan pada usia 50 tahun atau lebih.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Hemoroid atau Wasir

Wasir tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi bila keluhan muncul, penderita dapat merasa tidak nyaman dan gatal pada anus, serta muncul perdarahan lewat anus.

Dikutip dari Kontan.id, Ambeien disebut juga hemoroid biasanya menandakan adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena dekat anus, dikutip dari Everyday Health.

Penyebab ambeien pun beragam seperti kekurangan serat, duduk terlalu lama, atau kehamilan. 

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya gumpalan dekat anus, BAB berdarah, dan rasa gatal pada anus yang disertai nyeri.  

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Sifat analgesik pada minyak ini pun berpeluang mengurangi rasa tidak nyaman akibat wasir

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved