Breaking News:

Banjir Bandang di Garut

Warga Terdampak Banjir Bandang Garut Kemungkinan Direlokasi, Polres Garut Akan Usut Penyebab Banjir

Pemkab Garut membuka opsi merelokasi warga yang terdampak banjir bandang di Sukaresmi.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari
Salah satu rumah yang hancur akibat banjir bandang di Kampung Cilegong, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT -  Pemkab Garut akan mempertimbangkan korban banjir bandang di Cilegong Kecamatan Sukaresmi untuk bisa direlokasi dari bantaran Sungai Cikeruh.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan ada dua kemungkinan untuk menangani warga yang terdampak banjir bandang yaitu direlokasi atau dibenahi kondisi sungainya.

"Ada kemungkinan direlokasi atau  kondisi tempatnya dibenahi dulu, agar banjir tidak terkena rumah," ujarnya saat diwawancarai Tribunjabar.id, Selasa (9/11/2021).

Ia menjelaskan dalam status tanggap darurat bencana saat ini, Pemkab Garut tengah fokus memperbaiki jembatan yang terputus akibat hantaman banjir bandang tersebut.

Menurutnya sebelum dibangun jembatan baru perlu ada perbaikan saluran agar saat banjir tiba tidak merusak kembali jembatan tersebut.

"Kemudian alurnya juga, karena tadi berdasarkan laporan ternyata alurnya air itu nabrak dulu dinding jembatan baru masuk ke dalam jembatan, nah ini kan perlu ada sodetan," ucapnya.

Polres Garut akan melakukan penyelidikan terkait kerusakan hutan yang menyebabkan bencana banjir bandang tersebut termasuk penyelidikan banjir yang terjadi di Kecamatan Pameungpeuk.

"Kerusakan hutan yang menyebabkan banjir, kami akan melakukan langkan penyelidikan lebih lanjut," ujar Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Namun demikian, ia menjelaskan saat ini pihaknya bersama TNI sedang melakukan langkah-langkah mitigasi bencana untuk mencegah kembali terjadinya musibah banjir.

Saat ini mitigasi bencana di Garut difokuskan di dua wilayah, yaitu banjir bandang di Desa Sukalilah dan Kecamatan Pameungpeuk yang beberapa lalu terjadi banjir akibat luapan Sungai Cipalebuh.

Baca juga: Pemkab Garut Tetapkan Status Darurat Bencana Banjir Bandang Selama 7 Hari, Fokus Perbaikan Kerusakan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved