Breaking News:

Banjir Bandang di Garut

Pemkab Garut Tetapkan Status Darurat Bencana Banjir Bandang Selama 7 Hari, Fokus Perbaikan Kerusakan

Pemkab Garut menerapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang di Sukaresmi.

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: taufik ismail
sidqi al ghifari/tribun jabar
Jembatan Pelag di Kampung Pelag, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut yang ambruk diterjang banjir bandang, Sabtu (6/11/2021). Jembatan ini menjadi prioritas untuk diperbaiki saat masa tanggap darurat. 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut menetapkan status darurat bencana banjir bandang di Desa Sukalilah selama tujuh hari. 

Status darurat bencana itu ditetapkan untuk segera menangani dampak kerusakan yang menyebabkan satu jembatan terputus hingga berdampak pada terisolasinya ribuan warga di Kampung Pelag

Sekretaris Daerah Pemkab Garut, Nurdin Yana mengatakan hal yang paling utama dalam penanggulangan pasca banjir bandang itu adalah menghubungkan kembali akses ke Kampung Pelag yang terisolasi. 

"Status tanggap darurat ini berlangsung selama 7 hari, kami akan segera memperbaiki jembatan yang putus," ujarnya saat diwawancarai awak media di halaman kantor bupati Garut, Senin (8/11/2021). 

Ia menjelaskan tanggap darurat tersebut juga difokuskan untuk penanganan kerusakan-kerusakan di pemukiman warga seperti perbaikan rumah dan pembersihan lumpur-lumpur pasca terjangan banjir bandang yang terjadi Sabtu (6/11) sore. 

Namun menurutnya perbaikan jembatan yang rusak itu memerlukan waktu yang lebih lama dan tidak akan selesai dalam waktu tujuh hari. 

"Kami akan perpanjang jika waktu tujuh hari masih kurang, agak berat pengerjaannya namun kami upayakan biar akses bisa kembali pulih," ucapnya. 

Dengan status tanggap darurat bencana tersebut maka Pemerintah Kabupaten Garut bisa memanfaatkan dana dari belanja tidak terduga untuk penanganan bencana. 

Saat ini dana itu tersedia sebanyak Rp 12 miliar yang sebelumnya juga digunakan untuk vaksin, namun pemkab menjamin dana tersebut cukup untuk penanggulangan bencana banjir bandang di Sukalilah.

Baca juga: Banjir Bandang Garut, Seribuan Warga Masih Terisolasi, Anggota DPRD: Tetapkan Status Tanggap Darurat

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved