Breaking News:

GAWAT! Ada 151 Aplikasi di Android yang Secara Diam-diam Bisa Sedot Uang Anda

Kejahatan karena memanfaatkan kemajuan dunia digital belakangan ini sangat marak. Satu di antaranya adalah aplikasi yang diam-diam mencuri uang.

Editor: Giri
Pixabay
Ilustrasi - Kejahatan karena memanfaatkan kemajuan dunia digital belakangan ini sangat marak. Satu di antaranya adalah aplikasi yang diam-diam mencuri uang penggunanya. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kejahatan karena memanfaatkan kemajuan dunia digital belakangan ini sangat marak. Satu di antaranya adalah aplikasi yang diam-diam mencuri uang penggunanya.

Di Android, bahkan ada 151 aplikasi yang melakukannya!

Beberapa aplikasi tersebut di antaranya merupakan edit foto dan video hingga keyboard virtual yang akan mengirimkan SMS berbayar.

Belum lama ini telah beredar setidaknya 151 aplikasi Android yang dapat menyedot uang penggunanya tanpa mereka sadari.

 

Mengutip dari PCMag, situs BGR melaporkan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang software atau perangkat lunak keamanan, yakni Avast menemukan SMS penipuan yang berasal dari aplikasi di Play Store.

SMS penipuan tersebut disebut sebagai UltimaSMS yang didistribusikan lewat beberapa aplikasi palsu yang tersebar di Play Store.

Bila ditotal, Avast telah menemukan 151 aplikasi Android yang menyebarkan kampanye penipuan.

Pihak Avast sendiri telah mengumpulkan daftar aplikasi tersebut lewat sebuah dokumen yang dipublikasikan lewat Github.

Diketahui, peretas mendaftarkan para korban untuk sebuah layanan SMS yang mahal dan menyedot uang dari akun mobile banking milik si korban.

Sekilas, beberapa nama aplikasi yang terdapat di Play Store tidak terlihat aneh sehingga dapat menjebak para korban dengan mudah.

 
Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved