Breaking News:

Pemkab Cirebon Libatkan Bidan Desa untuk Menggenjot Capaian Vaksinasi Covid-19

Satgas Covid-19 melibatkan bidan desa dan bidan praktik mandiri untuk mempercepat capaian vaksinasi agar memenuhi syarat turun level PPKM.

Tribuncirebon.com/ Ahmad Imam Baehaqi
Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melibatkan bidan desa untuk menggenjot capaian vaksinasi Covid-19.

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, saat ini Pemkab Cirebon sedang berupaya menurunkan PPKM ke level 2.

Karenanya, Satgas Covid-19 melibatkan bidan desa dan bidan praktik mandiri untuk mempercepat capaian vaksinasi agar memenuhi syarat turun level PPKM.

"Mudah-mudahan semakin banyak 'pintu' vaksinasi membuat capaiannya meningkat signifikan," ujar Enny Suhaeni saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (5/11/2021).

Ia mengatakan, terdapat 612 praktik mandiri bidan (PMB) yang tersebar di 412 desa dan 12 kelurahan se-Kabupaten Cirebon yang akan mengadakan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Kapolres Pasaman Diganti setelah Viral Video Ratusan Orang Abai Protokol Kesehatan saat Vaksinasi

Pasalnya, Pemkab Cirebon mendapatkan target dari BKKBN RI untuk memberikan 612 ribu vaksin untuk sasaran keluarga hingga dua dosis lengkap.

Bahkan, menurut dia, dalam rapat evaluasi belum lama ini Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, memberikan target vaksinasi bagi puskesmas dan bidan desa

"Saat evaluasi, Bapak Bupati memberi target puskesmas memberikan 500 dosis vaksin dan bidan desa 10 dosis vaksin untuk lansia setiap harinya," kata Enny Suhaeni

Namun, Ia mengakui, sejak September 2021 bidan desa sudah dilibatkan untuk mempercepat capaian vaksinasi dan diberikan target harian.

Saat ini, seluruh bidan desa ditargetkan dapat memberikan 500 dosis vaksin dalam satu hari kepada masyarakat di desanya masing-masing.

"Jadi, kalau diakumulasikan keseluruhannya bisa ratusan dosis vaksin yang diberikan kepada masyarakat setiap harinya," ujar Enny Suhaeni.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved