Polres Ciamis Olah TKP 11 Siswa Korban Susur Sungai, Belum Ada Penetapan Tersangka, Ini Kata Polisi

Pihak Satreskrim Polres Ciamis  Rabu (3/11) siang menurunkan tim Inafis ke Leuwi Ili Sungai Cileueuruntuk melakukan olah tempat kejadian perkara

Penulis: Andri M Dani | Editor: Siti Fatimah
dok warga
Tim Inafis Polres Ciamis Rabu (3/11) siang kembali menggelar olah lokasi kejadian (olah TKP) di lokasi tragedi tenggelamnya 11 siswa MTs Harapan Baru 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Pihak Satreskrim Polres Ciamis  Rabu (3/11) siang menurunkan tim Inafis ke Leuwi Ili Sungai Cileueur di Dusun Wetan Rt 01 RW 01 Desa Utama Ciamis untuk melakukan kembali olah tempat kejadian perkara (olah TKP).

Menurut Kasi Humas Polres Ciamis, Iptu Magdalena kepada para wartawan Rabu (3/11) olah TKP yang dilakukan Tim Inafis Polres Ciamis Rabu (3/11) siang tersebut untuk melengkapi hasil olah TKP awal  yang sudah dilakukan pada hari Sabtu (16/10). Sehari setelah kejadian meninggalnya 11 santri MTs Harapan Baru Cijantung saat melakukan kegiatan pungut sampah di Blok Leuwi Ili Sungai Cileueur Jumat (15/10) sore.

“Hasil olah TKP awal yang sudah dilakukan bulan lalu, dinilai masih kurang. Kegiatan olah TKP yang dilakukan hari ini untuk melengkapi hasil olah TKP awal,” ujar Kasi Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena yang ikut kegiatan olah TKP bersama Tim Inafis Polres Ciamis Rabu (3/11) siang tersebut. Iptu Magdalena sendiri pernah menjabat sebagai Kanit Identifikasi Satreskrim Polres Ciamis.

Baca juga: Susur Sungai Maut di Ciamis Awalnya Hanya Kegiatan Pungut Sampah, Peserta Berjalan di Bantaran

Olah TKP yang digelar Rabu (3/11) siang tersebut lebih fokus pada pengukuran kedalaman ruas alur Sungai Cileueur di Blok Leuwi Ili yang digunakan oleh sejumlah siswa MTs Harapan Baru Cijantung menyeberang saat berkegiatan di Sungai Cileueur Jumat (15/10) sore tersebut.

“Kegiatan hari ini lebih fous pada pengukuran ke dalaman sungai yang dilalui siswa untuk menyeberang waktu kejadian bulan lalu,” ungkapnya.

Lantaran arus Sungai Cileueur Rabu (3/11) siang tersebut cukup deras, setelah bebrapa hari Ciamis diguyur hujan lebat, tim Inafis Polres Ciamis harus menggunakan pelampung, kano dan tambang untuk melakukan pengukuran ke dalam sungai. Karena arus Sungai Cileueur cukup deras, kano yang digunakan tim Inafis saat olah TKP tersebut sempat terbalik.

Baca juga: Tahlilan Malam ke-4 di Leuwi Ili di Bawah Cahaya Bulan, Doakan 11 Korban Susur Sungai Maut Ciamis

Olah TKP yang dilakukan tim Inafis Polres Ciamis Rabu (3/11) tersebut menurut Iptu Magdalena selain melengkapi hasil olah TKP awal, juga merupakan bagian dari upaya pengungkapan kejadian tragedi meninggalnya 11 siswa/siswi MTs Harapan Baru Cijantung saat berkegiatan di Sungai Cileueur Jumat (15/10) sore bulan lalu.

Menyusul kejadian tersebut menurut Iptu Magdalena sejumlah saksi sudah dimintai keterangan baik dari kalangan warga yang berada di lokasi saat kejadian, dari pihak sekolah dan  sejumlah siswa yang ikut kegiatan tapi selamat.

Belum ada penetapan tersangka

Iptu Magdalena mengakui sampai saat ini Polres Ciamis belum menetapkan tersangka dalam kasus kejadian tenggelamnya 11 siswa MTs Cijantung saat berkegiatan di Sungai Cileueur Jumat (15/10) tersebut.

“Sampai hari ini kasusnya memang masih dalam penyelidikan belum tahap penyidikan. Belum ada penetapan tersangka,” katanya.|
Untuk penetapan tersangka menurut Iptu Magdalena perlu ada pertimbangan psikologis mengingatkan jumlah korbannya tidak sedikit, yakni sebelas orang.

Baca juga: Leuwi Ili Sungai Cileueur, Lokasi Tragedi Susur Sungai Maut di Ciamis, Air Tenang tapi Menghanyutkan

“Jadi perlu hati-hati (dalam penetapan tersangka). Perlu pertimbangan psikologis keluarga korban. Jumlah korban kan tidak sedikit, 11 orang,” jelas Iptu Magdalena.

Kasatreskrim Polres Ciamis,  AKP Afrizal Wahyudi Achmad SIK  kepada Tribun Rabu (3/11) menyebutkan Rabu (3/11) siang ada kegiatan olah TKP kembali oleh Tim Inafis Polres Ciamis di lokasi Leuwi Ili Sungai Cileueur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved