Breaking News:

Kades Bantu Warga Pakai Dana Pribadi, Puluhan Rumah Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Cianjur

Puluhan rumah di Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, rusak akibat  bencana pergerakan tanah dan longsor.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin | Editor: Giri
Puluhan rumah di Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, rusak akibat bencana pergerakan tanah dan longsor. (Dok. Pemdes Mekarjaya Kecamatan Campaka)   

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Puluhan rumah di Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, rusak akibat  bencana pergerakan tanah dan longsor.

Kades Desa Mekarjaya, Ahmad Saepudin, mengatakan, jumlah rumah yang rusak akibat pergerakan tanah ada 50 kepala keluarga (KK) dari lima kedusunan.

"Pertama Dusun Gunung Kemang, Dusun Bongas, Dusun Cilimus, Dusun Lewibitung, dan Dusun Mekar Manah. Jadi jumlahnya 50 KK itu dari keseluruhan dusun yang ada di wilayah Desa Mekarjaya," ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu (3/11/2021).

Ia mengatakan, akses perekonomian warga juga terputus di Dusun Lewibitung. Lalu yang tertimbun longsor di jalan kabupaten akses Jalan Bongas, Kampung Leuwi Bitung, Dusun Cilimus, jalan lingkung desa akses jalan Cidadap Hilir, Kampung Cilimus.

"Sebanyak 50 rumah terdampak. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Pemerintahan desa cepat tanggap dari mulai babinsa, bhabinkamtibmas, RT, RW, kadus, dan BPD telah mengevakuasi warga terdampak," katanya.

Ia mengatakan, ada dua rumah yang rusak berat yaitu di Dusun Cilimus.

Rumah itu dirobohkan oleh warga setempat atas dasar kegotongroyongan dan kebersamaan warga setempat.

"Kami pemerintahan desa kewalahan, kami sendiri inisiatif memberikan bantuan Rp 200 ribu per KK dari yang terdampak 50 KK. Saya kewalahan dan itu dari uang pribadi saya, bukan anggaran dari pemerintah," katanya. (fam)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved