Breaking News:

Jangan Tunggu Sampai Akut, Kenali Gejala Awal Diabetes Melitus dan Cara Pencegahannya

Keluhan tersebut terbagi menjadi dua yaitu keluhan klasik DM dan keluhan lainnya

Editor: Siti Fatimah
istimewa
ilustrasi diabetes 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Diabetes Melitus (DM) adalah suatu penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (gula darah), yang dari waktu ke waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pebuluh darah, mata, ginjal, saraf.

Dikutip dari laman resmi Unair, hal itu dijelaskan oleh dr. Soebagijo Adi Soelistijo, Sp.PD, K-EMD, FINASIM, FACP, pada webinar Airlangga Medical Scientific Week (AMSW) yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR).

Dr. Soelistijo menjelaskan keluhan-keluhan yang harus dicurigai pada saat terserang DM.

Baca juga: Darah Tinggi Kumat, Atasi dengan Tanaman Liar Ini, Bisa Juga untuk Asam Urat dan Diabetes Melitus

Keluhan tersebut terbagi menjadi dua yaitu keluhan klasik DM dan keluhan lainnya.

Keluhan klasik meliputi poliuria, polidipsia, polifagi atau banyak makan dan disertai penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Sementara itu keluhan lain meliputi lemah badan, kesemutan, gatal, mata kabur, dan disfungsi ereksi pada pria, serta pruritus vulva pada wanita.

Selanjutnya, Ketua Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FK UNAIR itu menjelaskan gejala-gejala yang terjadi pada penderita DM.

Terdapat dua gejala pada penderita DM yaitu gejala akut dan gejala kronis.

Baca juga: Diyakini Mampu Turunkan Kadar Gula Darah, Infused Water Ini Dinilai Aman Diminum Penderita Diabetes

Gejala akut meliputi tiga kelebihan (makan, minum, kencing) dengan keluhan tambahan seperti nafsu makan turun, mudah capai, berat badan turun, dan apabila kondisi lanjut bisa koma.

Sedangkan gejala kronis yaitu kesemutan, kulit terasa panas dan tebal, kram, mudah lelah dan ngantuk, mata kabur dan sering ganti kacamata, gatal sekitar kemaluan, gigi mudah goyah dan lepas, kemampuan seksual menurun, dan ibu hamil sering keguguran atau melahirkan bayi lebih dari empat kg.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved