Breaking News:

Purwakarta Siaga Bencana Hidrometeorologi Hingga Februari 2022, Bupati Sudah Keluarkan Kepbup

Purwakarta siaga bencana hingga bulan Februari 2022. Semua daerah punya potensi alami banjir.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Haryanto
Longsor di Pondoksalam, Purwakarta, beberapa tahun lalu. Purwakarta siaga bencana hingga Februari 2022. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Antisipasi bencana hidrometeorologi, Bupati Purwakarta mengeluarkan Keputusan Bupati (Kepbup) Nomor 360/Kep.17-DPKPB/2022 tentang kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di wilayah Kabupaten Purwakarta sampai dengan bulan Februari 2022.

Surat tersebut juga telah diedarkan kepada setiap Camat, Lurah, dan Kepala Desa se-Kabupaten Purwakarta untuk deteksi dini potensi bencana.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan, keputusan Bupati tersebut merupakan imbauan kepada setiap Kecamatan agar siaga.

"Dengan edaran itu kami mengimbau agar siap siaga dengan intensitas hujan yang tinggi dan gejala alam lainnya seperti puting beliung agar melakukan antisipasi dini," ujar Wibi melalui pesan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

Wibi mengungkap di Purwakarta tidak ada satu daerah pun yang tidak terancam banjir.

"Yang harus diantisipasi, di Purwakarta dalam hal indeks bencana tidak ada satupun yang rendah. Adanya menengah hingga tinggi, seperti di Kecamatan Bojong yang berpotensi banjir bandang dengan membawa material alam," kata dia.

Kendati demikian ditegaskan Wibi, bahwa banjir di Purwakarta hanya bersifat temporer dan tidak menggenang seperti banjir di kota lain.

"Banjir di Purwakarta alhamdulillah sifatnya hanya temporer, setelah hujan besar, dalam jangka 1 atau 2 jam pasti akan surut lagi, mudah-mudahan itu semua tidak menyulitkan bagi warga Purwakarta," ucapnya.

Baca juga: Waspada, Pohon Besar Tumbang di Jalur Arteri Bandung-Purwakarta

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved