Kejadian Lagi Banjir di Lembang, Daerah Wisata Tapi Tapi Minim Saluran Drainase

Sejumlah titik di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali diterjang banjir setelah diguyur hujan deras pada Selasa (2/11/2021) sore.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Mega Nugraha
Foto Istimewa
Banjir di Pasar Panorama Lembang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Sejumlah titik di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali diterjang banjir setelah diguyur hujan deras pada Selasa (2/11/2021) sore.

Bahkan, ruas Jalan Raya Lembang berubah menjadi selokan dadakan setelah limpasan air dari hulu tumpah ke jalan dan membawa meterial batu dan lumpur.

Kemudian banjir juga terjadi di depan Pasar Panorama dengan ketinggian muka air mencapai dengkul orang dewasa. Kondisi itu membuat sejumlah kendaraan roda dua dan empat yang sedang terparkir ikut terendam.

Kepala Desa Lembang, Yono Maryono mengatakan, kejadian banjir di Jalan Raya Lembang karena belum dibuatnya saluran drainase. Sehingga limpasan air hujan tumpah seluruhnya ke jalan.

Baca juga: Longsor di Lembang Sebabkan Akses Jalan Terputus, Warga Terpaksa Diungsikan Sementara

"Kalau di depan Pasar Panorama, meski sudah ada drainase, tapi jalur pembuangannya belum sepenuhnya tuntas," ujarnya saat dihubungi, Selasa (2/11/2021).

Terkait kejadian banjir di Lembang, pihaknya sudah meminta ke Pemprov Jabar KBB untuk dibuatkan drainase seluruh jalan di Lembang, sehingga jika hujan deras, airnya tidak melimpas ke jalan.

Sebelumnya, Dinas Penataan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) KBB sudah melakukan pengerukan saluran drainase di sepanjang jalan depan Pasar Panorama Lembang karena kawasan tersebut kerap jadi langganan banjir saat musim hujan.

Yono mengatakan, penyebab banjir di Depan Pasar Panorama itu karena proses pengerukan untuk membersihkan sampah belum tuntas. 

"Di depan Pasar Panorama, memang sudah ada gorong-gorong, tapi pembungaannya kemana? Kan gak jelas. Apalagi kemarin dikeruknya belum selesai," ucap Yono. 

--

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved