Breaking News:

Podcast dan Konten Audio Kian Digemari Saat Pandemi, Jadi Peluang Konten Kreator Bandung Unjuk Gigi

Konten audio seperti podcast, audiobook ataupun live audio, kian meraih popularitas terlebih di tengah pandemi Covid-19

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi podcast 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Konten audio seperti podcast, audiobook ataupun live audio, kian meraih popularitas terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Tidak hanya karena kualitas kontennya, tetapi juga dari sisi fleksibilitas yang memungkinkan pendengarnya untuk tetap menikmati konten tanpa harus melihat layar (screenless) atau sambil melakukan banyak kegiatan sekaligus (multitasking).

Popularitas konten audio tidak hanya terasa di ibukota, tetapi juga di berbagai daerah dan kota di Indonesia, termasuk Bandung.

Platform konten audio streaming lokal NOICE, mencatat Bandung sebagai salah satu dari 5 kota dengan pendengar podcast
terbanyak di platform tersebut dengan lebih dari 250,000 pengguna hingga saat ini berasal dari Bandung.

Baca juga: Tertarik Membuat Podcast? Yuk Gabung Komunitas Box2Box Bandung United Squad

NOICE menghadirkan berbagai vertikal seperti podcast, radio, audiobook dan yang terbaru adalah fitur live audio, dengan mengusung fitur interaktif yang memungkinkan kreator untuk dapat berkomunikasi langsung dengan pendengarnya.

Hal lainnya yang membuat NOICE berbeda adalah konten dengan cita rasa lokal yang menjadi unggulan di berbagai daerah.

NOICE berkolaborasi dengan konten kreator di berbagai daerah, termasuk Bandung, untuk menciptakan konten dengan dialek lokal serta mengangkat topik yang relevan dengan wilayah tersebut.

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya mengatakan, Bandung selalu memiliki daya tarik spesial bagi industri kreatif di Indonesia, yang terlihat dari menjamurnya radio lokal dan podcast asli Bandung.

Di tengah banyak tantangan yang terjadi untuk media lokal, data kami mencatat kota ini menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan konten kreator sekaligus pendengar podcast terbanyak di tanah air.

Baca juga: Banyak Waktu Luang, Bek Persib Bandung Zalnando Tekuni Dunia Podcast

Melihat potensi yang menjanjikan ini, kami ingin merangkul konten kreator asal Bandung, termasuk radio-radio favorit warga Bandung untuk dapat menjangkau audience secara lebih luas dengan memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang kami hadirkan di NOICE. Bersama-sama kita akan kembangkan ekosistem konten audio di kota Bandung.”

Sebagai perusahaan anak bangsa, NOICE sangat memahami karakteristik konten yang sesuai dengan masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal ini ditunjukkan dengan genre konten menarik asal daerah yang dibawakan dengan dialek lokal terus berkembang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved