Breaking News:

Keraton Sumedang Larang Jawab Kisruh Fredierika Alexis Cull Tetiba Jadi Keluarga Keraton

Karaton Sumedang Larang (KSL) jawab kisruh silsilah kerabat keraton yang memasukkan Frederika Alexis Cull, Putri Indonesia 2019. 

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Kiki Andriana
Pihak Keraton Sumedang Larang saat menjawab dan menanggapi kisruh Frederika Alexis tiba-tiba jadi keturunan keraton 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Karaton Sumedang Larang (KSL) jawab kisruh silsilah kerabat keraton yang memasukkan Frederika Alexis Cull, Putri Indonesia 2019. 

Keraton Sumedang Larang memasukkan nama Frederika Alexis Cull ke dalam silsilah berdasarkan pengakuan Nongky Tejapermana, seorang anggota keluarga karaton.

Padahal, Frederika Alexis Cull beribu seorang Sumatera, Lampung, Yulia Peers dan berayah seorang Inggris, Roy Alexis Cull.

Di dalam konferensi pers yang berlangsung di Karaton Sumedang Larang, Senin (1/11/2021) terungkap bahwa pengakuan yang dilayangkan Nongki kepada KSL hanyalah sebatas lisan. 

Dari pengakuan lisan itu, kemudian dibuatlah draft silsilah yang di dalamnya dimuat nama Frederika Alexis Cull sebagai anak kandung Nongki. 

Baca juga: Frederika Alexis Cull yang Keturunan Inggris Tetiba Dicantumkan Keluarga Karaton Sumedang Larang

Mendengar ini, orang tua asli Frederika mempertanyakan silsilah tersebut. Lagipula, tidak ada sangkut paut baik Yulia Peers dan suaminya dengan keraton di tanah Sunda. 

KSL kemudian mendapat pengakuan kembali dari Nongki bahwa Frederika bukanlah anak kandungnya. Penulisan di dalam draft diakui KSL sebagai ketidak tahuan bidang silsilah atas nasab Frederika itu. 

"Segala permasalahan ambil hikmahnya. Bagi kami, hikmahnya adalah ke depan, penulisan silsilah bukan hanya didasarkan pada keterangan lisan, namun dengan lebih memperkuat bukti-bikti administratif," kata Thomas Darmawan, Kuasa Hukum Karaton Sumedang Larang. 

Thomas mengatakan, draft itu belumlah resmi. Draft diperlihatkan kepada Nongki untuk diklarifikasi kebenarannya. 

"Ada keterangan yang tidak valid dari Nongki. Nongki memang kerabat Karaton Sumedang Larang, dan itu sudah terdata valid di dalam silsilah," kata Thomas.

Nonoman KSL, Rd Lucky Soemawilaga mengatakan bahwa Frederika sendiri saat ini sedang berada di luar negeri dan telah diundang untuk hadir ke KSL. 

"Kemungkinan pada medio Januari atau Februari bisa datang ke KSL," kata Lucky. 

Dia mengatakan bahwa KSL bisa memastikan Frederika bukanlah keturunan kerabat Karaton. 

"Bisa dipastikan yang bersangkutan bukan anak kandung Nongki, melainkan anak asuh Nongki. Draft yang disampaikan baru untuk klarifikasi," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved