Breaking News:

Longsor di Ciamis

Jalan Kujang-Darmacaang Ciamis Sempat Tertutup Longsor, Petugas dan Warga Berjibaku Singkirkan Tanah

Jalan Kujang-Darmacaang sempat tertimbun tanah longsor sepanjang 20 meter.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Istimewa/Dok FK Tagana Ciamis
Ruas jalan yang menghubungkan Desa Kujang dan Desa Darmacaang Cikoneng Ciamis ini tertutup longsor tebing saat hujan lebat Minggu (31/10) petang sekitar pukul 16.30. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sebuah tebing di Dusun Cibodas, RT 05 RW 11, Desa Kujang, Cikoneng, Ciamis, longsor Minggu (31/10/2021) pukul 16.30 sore

Rutuhan tebing setinggi 5 meter menutup ruas jalan yang menghubungkan Desa Kujang dan Desa Darmacaang sepanjang 20 meter dan lebar 4 meter.

Ruas jalan tersebut sempat tidak bisa dilalui kendaraan.

Warga, petugas, dan berbagai relawan termasuk babinsa, bhabinkamtibmas, Tagana, Basarnas bergotong royong menyingkirkan puing longsor yang menutup jalan tersebut sejak Minggu petang sampai malam harinya.

Dan Senin (1/11/2021) dilanjutkan dengan pembersihan lumpur yang tersisa di ruas jalan Kujang-Darmacaang tersebut oleh UPTD Damkar Satpol PP Ciamis agar ruas bekas timbunan longsor tidak licin serta bisa dilalui kembali oleh kendaraan.

Menurut Ketua FK Tagana Ciamis, Ade Waluya kepada Tribun Senin, runtuhnya tebing di Dusun Cibodas tidak hanya menimbun ruas jalan yang menghubungkan Desa Kujang dan Desa Darmacaang.

Tetapi juga membuat satu rumah terancam, yakni rumah yang dihuni oleh Engkus (43) sekeluarga (5 jiwa).

“Longsor tidak hanya menimbun ruas jalan di Kujang tersebut. Tetapi satu rumah warga juga terancam,” ujar Ade Waluya.  

Hujan lebat yang mengguyur Minggu (31/10) sore sampai malam tersebut juga telah menyebabkan meluapnya selokan Cibeureum yang menyebabkan sejumlah rumah di Dusun Cisaray, RT 14 RW 04, Desa Margaluyu, Cikoneng tergenang banjir.

Selokan tidak dapat menampung debit air yang meningkat karena telah terjadi penyempitan dan pendangkalan selokan.

Akibat luapan selokan Cibeureum tersebut tidak hanya rumah warga yang terendam. Luapan air juga sempat mengenangi jalan.

Pada waktu bersamaan, selokan di pertigaan Jalan Lingkar Selatan dan Jalan Gunung Sari meluap diduga akibat timbunan sampah. Air selokan meluap sampai ke sisi Jalan Lingkar Selatan Ciamis.

Menyusul hujan lebat dengan intensitas tinggi yang mengguyur Ciamis hampir setiap hari, termasuk Senin siang sampai sore ini,  Ade Waluya mengimbau warga untuk selalu waspada kemungkinan terjadinya bencana longsor, banjir , maupun angin kencang.

Diharapkan warga berinisiatif menyingkirkan tumpukan sampah yang menimpun atau menyumbat selokan maupun got.

Baca juga: Rumah Ambruk Diterjang Longsor di Cianjur, Mobil Suzuki Ikut Terseret ke Jurang Sedalam 15 Meter

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved