Breaking News:

Dukung Pengembangan Jatigede sebagai Daerah Tujuan Wisata, PLN Bangun Sentra Galeri UMKM

PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) kucurkan bantuan senilai Rp 227 juta untuk membangun pusat galeri produk UMKM

Editor: Siti Fatimah
dok PLN UIP JBT
Ilustrasi - Bantuan TJSL kepada salah satu kelompok UMKM Opak yang berada di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) kucurkan bantuan senilai Rp 227 juta untuk membangun pusat galeri produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat.

Galeri UMKM Kecamatan Jatigede akan dimanfaatkan sebagai sentra produk UMKM yang akan menjual berbagai produk UMKM yang ada di Kecamatan Jatigede.

Pemanfaatan Galeri UMKM ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran UMKM serta mendukung peningkatan perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi daerah Jatigede sebagai daerah tujuan wisata.

Baca juga: Pemerintah Dorong UMKM Perempuan Manfaatkan Teknologi Digital dan Sertifikasi Halal

“Selain memenuhi penyediaan listrik bagi masyarakat, secara korporasi PLN juga memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kami melihat banyaknya UMKM di Jatigede dapat menjadi potensi untuk pengembangan daerah Jatigede sebagai daerah tujuan wisata.” ujar Octavianus Duha, General Manager PLN UIP JBT belum lama ini.

Berdasarkan data pemerintah kecamatan Jatigede, terdapat 47 pelaku UMKM dari 6 Desa yang aktif menjalankan usahanya di wilayah Kecamatan Jatigede.

Adapun produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM ini diantaranya, produk meubelair, kerajinan anyaman bambu dan plastik, gula aren, tahu, opak, dan berbagai macam makanan ringan dan minuman khas Jatigede.

Baca juga: Menko Airlangga Optimis UMKM Lokal Bisa Masuk Pasar Global

Camat Jatigede, Widodo Heru Prasetyawan, menyampaikan bahwa galeri UMKM ini juga akan menjadi salah satu tujuan wisata Jatigede yang direkomendasikan untuk para wisatawan dalam maupun luar daerah yang datang ke Jatigede.

“Di Jatigede, ada beberapa obyek wisata di Jatigede yang sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan, termasuk salah satunya wisata Tegal Jarong di Desa Cijeungjing yang juga banyak dibantu dan dibina oleh PLN dalam pengembangannya. Untuk mendukung wisata ini, pemerintah kota Sumedang menyediakan bus wisata yang akan membawa wisatawan berkeliling daerah obyek wisata Jatigede. Rute bus wisata ini juga akan melewati galeri UMKM sehingga wisatawan bisa mampir untuk membeli produk oleh-oleh Jatigede disini.” ujar Widodo.

Selain Galeri UMKM, tahun ini PLN UIP JBT juga telah mendukung beberapa pelaku UMKM di Kecamatan Jatigede melalui program bantuan TJSL lainnya diantaranya bantuan peralatan mesin produksi untuk UMKM Opak di Desa Karedok, bantuan sambung listrik gratis dan peralatan kios UMKM di Tegal Jarong, serta bantuan pembinaan dan sertifikasi produk UMKM.

Baca juga: Pemkot Gelar Acara Bandung Seuhah, Upaya untuk Pulihkan Ekonomi Pelaku UMKM Kuliner

“Terimakasih kepada tim CSR PLN atas bantuan dana yang sudah banyak diberikan kepada masyarakat Jatigede. Kami harap bantuan ini dapat menunjang tumbuh kembangnya para pelaku UMKM Jatigede. Semoga produk UMKM yang memiliki keunggulan kompetitif akan mampu berkembang sehingga peranan dalam mendorong sektor perekonomian semakin meningkat.” kata Widodo.

Dengan semangat Hari Listrik Nasional ke-76, PLN UIP JBT berharap bantuan ini dapat mendukung dan meningkatkan semangat para pelaku UMKM daerah untuk terus tumbuh dan berkembang meski di masa pandemi covid-19.

Selain mengambil peran dalam membangun perekonomian masyarakat, PLN UIP JBT juga berkomitmen untuk menyelesaikan berbagai proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan demi keandalan sistem kelistrikan bagi masyarakat.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved