Breaking News:

Peternak Kembali Bergairah, Hampir Tiga Minggu Ini Harga Ayam Pejantan Stabil Rp 31.000 per Kg

Harga ayam ras pedaging jenis layer jantan (pejantan) di tingkat peternak di Ciamis hampir tiga minggu terakhir stabil di  angka Rp 31.000/kg hidup

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
hilman kamaludin/tribun jabar
ILUSTRASI penjual daging ayam 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR,ID,CIAMIS – Harga ayam ras pedaging jenis layer jantan (pejantan) di tingkat peternak di Ciamis hampir tiga minggu terakhir stabil di  angka Rp 31.000/kg hidup (livebird).

Padahal akhir September lalu sempat anjlok ke angka Rp 27.000/kg, terpengaruh banyaknya  peternak ayam ras petelur menjual ayam mereka sebagai ayam pedaging.

Yakni dengan mempercepat masa afkir (killing) atau menjual ayam muda belum bertelur (pulet).

“Alhamdulillah hari ini harga pejantan di kandang masih Rp 31.000/kg. Stabil di angka Rp 31.000/kg sejak tiga minggu lalu,” ujar H Komar Hermawan, peternak ayam pejantan, warga Desa Talagasari Kecamatan Kawali Ciamis kepada  Tribun Minggu (31/10).

Dengan harga Rp 31.000/kg di tingkat peternak di Ciamis menurut H Komar yang juga pemilik Kawali PS tersebut, harga ayam pejantan diterima penampung di Jakarta yakni Rp 34.000/kg hidup.

“Kalau harga di kandang Rp 31.000/kg, harga diterima di Jakarta Rp 34.000/kg,” katanya.

Kawasan Jabodetabek merupakan pasar potensial ayam pejantan dari Ciamis.

Sebagai sentra produksi nasional ayam pejantan, dalam kondisi normal tiap minggu ada 800.000 ekor sampai 1 juta DOC pejantan yang dibudidayakan di Ciamis.

Sekitar 75% hasil panen tiap minggu dipasar ke Jabodetabek dan Bandung.

Dengan stabilnya harga hampir selama 3 minggu ini menurut H Komar yang juga Ketua Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP) mengindikasikan permintaan pasar sudah mulai mendekati normal meski kondisi masih dalam masa pendemi.

Menyusul stabilnya harga dan mendekati normalnya permintaan pasar, katanya cukup membuat peternak kembali bergairah untuk mengisi kandang.

Terutama bagi peternak yang masih mempunyai persediaan  modal yang mencukupi. Mengingat harga pakan saat ini masih tinggi.

Dengan tingkat harga Rp 31.000/kg di kandang, peternak sedang menikmati selisih harga yang cukup menggembirakan. Mengingat biaya pokok produksi (BPP/BEP) ayam ras pedaging layer jantan (pejantan) masih dikisaran Rp 26.000-Rp 27.000/kg. (*)    

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved