Breaking News:

Cianjur Masih Daerah Urutan Pertama Rawan Bencana di Jawa Barat, Warga Diimbau Waspada

Cianjur menjadi daerah rawan bencana di Jawa Barat. Warga diimbau waspada.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Hujan deras yang terjadi sejak Rabu (27/10/2021) sore hingga malam hari di Kabupaten Cianjur, telah menyebabkan bencana di beberapa titik. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep, mengatakan Cianjur masuk ke zona siaga darurat bencana hidrometeorologi.

"Untuk Kabupaten Cianjur, saat ini masuk ke zona siaga darurat hidrometeorologi, sehingga bagi masyarakat Cianjur agar selalu berhati-hati dan waspada," kata Asep saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (31/10/2021).

Asep mengatakan, bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin puting beliung, gelombang laut tinggi,  kebakaran hutan, dan kekeringan.

"Cianjur pun termasuk ke dalam paling rawan rawan bencana di Jawa Barat. Pasalnya semua bencana ada, mulai dari banjir, longsor, kemarau, angin dan lainnya," kata Asep.

Asep mengatakan, di musim penghujan seperti saat ini, tentunya BPBD mengimbau kepada semua masyarakat Cianjur untuk selalu waspada dikarenakan sekarang sudah masuk pada musim hujan.

"Setiap saat, BPBD dibantu relawan tangguh bencana (retana) mensosialisakan kepada masyarakat di tiap desa kaitan dengan kesiapa siagaan," katanya.

Menurutnya, beberapa laporan masuk ke BPBD kaitan dengan terjadinya bencana baru-baru ini mulai dari banjir bandang, angin yang merobohkan pohon dan menimpa rumah warga.

"Pada dasarnya kami dari BPBD, terus melakukan pemantauan terlebih saat ini Cianjur sudah mulai masuk ke musim penghujan," katanya.

Baca juga: Hujan Deras Sebabkan Bencana di Beberapa Titik di Cianjur, dari Pohon Tumbang hingga Banjir Lumpur

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved