Breaking News:

Wawancara Eksklusif

WAWANCARA EKSKLUSIF Wakil Menteri LHK Alue Dohong: Tantangan Terbesar Kita Saat Ini adalah Sampah

WAKIL Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Alue Dohong mengatakan, tantangan terbesar saat ini di isu lingkungan Indonesia adalah sampah.

Editor: Hermawan Aksan
Tribunnews.com
Wakil Menteri Lingkungan Hidup Alue Dohong 

WAKIL Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Alue Dohong mengatakan, tantangan terbesar saat ini di isu lingkungan Indonesia adalah sampah dan pengelolaannya.

Dari sisi pengelolaan, kata Alue, semestinya pengelolaan sampah sudah dilakukan dari tingkat paling dasar, yaitu dari rumah tangga.

Namun kebanyakan masyarakat Indonesia belum memiliki kesadaran akan hal itu.

Berikut lanjutan petikan wawancara khusus Tribunnetwork dengan Wakil Menteri LHK Dr. Alue Dohong.

Bagaimana Anda melihat pengelolaan sampah di Indonesia?

Salah satu challenge yang besar terkait lingkungan itu memang terkait masalah sampah. Kita lihat, kita punya regulasi kuat terkait sampah.

Kita punya stranas (strategi nasional pencegahan korupsi) dan di daerah punya strada. Kemudian ada instrumen kita mendorong adanya sirkular ekonomi. 

Artinya, sampah ini kan dulu dilihat hanya sebagai sampah, tak bernilai. Tapi dengan adanya pilah pilih sampah, yang dipilah ini bisa diolah kembali dan dijual, punya nilai.

Misal sampah plastik, atau yang bisa didaur ulang. Itu berkaitan dengan nilai-nilai ekonomi baru sehingga bertumbuhlah yang namanya bank-bank sampah

Kemudian ada kebijakan di LHK bahwa kita di 2025 akan menangani paling tidak 70 persen sampah kita dan sekitar 35 persen harus terkelola.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved