Breaking News:

WASPADA, 13 Kecamatan Berpotensi Banjir Bandang dan 24 Kecamatan Berpotensi Longsor di Kab Bandung

Dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung, Ada 13 kecamatan yang memiliki potensi banjir bandang dan 24 kecamatan yang memiliki potensi longsor

Tribun Jabar
Ilustrasi Banjir 2 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dari 31 kecamatan di Kabupaten Bandung, Ada 13 kecamatan yang memiliki potensi banjir bandang dan 24 kecamatan yang memiliki potensi longsor.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung, Hendra Hidayat, mengatakan, langkah antisipasi dalam konteks menghadapi bencana hidrometeorologi, pihaknya sudah melakukan rapat kordinasi dengan stkholder yang terkait.

"Hasil rakor itu kamj tentukan sejak tanggal 7 oktober 2021 sampai 31 mei 2022, kami tetapkan sebagai status siaga darurat telah terbit dan ditandatangani Bupati Bandung," kata Hendra, saat dihubungi tribun jabar, Jumat (29/10/2021).

Baca juga: Argapura Majalengka Rawan Bencana, Korem 063 Sunan Gunung Jati Gelar Simulasi Penanganan Longsor

Hendra mengatakan, hal tersebut ditndak lanjuti dengan surat imbauan kepada camat untuk waspada terkait masalah potensi bencana hidrometeorologi berdasarkan informasi BMKG.

"Kami telah sebar surat tersebut, dan tentunya dari pihak kecamatan menindak lanjuti ke tingkat Desa," katanya.

Hendra mengaku, pihaknya juga memetakan potensi bencana di Kabupaten Bandung karena ini bencana hidrometeorologi maka kita petakan, masalah potensi banjir genangan, banjir bandang, angin puting beliung, dan longsor.

"Di internal di kami persiapkan satgas piket setiap hari, dan sudah menginventarisir sarparas yang ada," katanya.

Hendra mengaku, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar waspada.

"Terutama dalam konteks bencana yang sifat daya dobraknya besar, seperti banjir bandang, banjir bandang itu waktunya sebentar tapi daya hancurnya luar biasa, longsor juga seperti itu," ucap Hendra.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved