Breaking News:

Mengenal Sosok Rukman Syamsudin, Merawat 300 Penyandang Disabilitas Mental, Berawal dari Sebuah Gang

Tempat bagi penyandang disabilitas mental yang sudah dua tahun berdiri di Cianjur ini terus aktif berkegiatan sosial .

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Kegiatan edukasi dilakukan Rukman Syamsudin selepas salat Magrib di Yayasan Rumah Pulih Jiwa untuk para penyandang disabilitas mental 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Setiap yang berkecimpung di dunia sosial pasti mengenal Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) di Kabupaten Cianjur.

Tempat bagi penyandang disabilitas mental yang sudah dua tahun berdiri ini terus aktif berkegiatan sosial terutama membantu penyembuhan.

Perjuangan mendirikan yayasan yang konsen pada penyembuhan disabilitas mental ini tak semudah membalikkan tangan.

Ketua YRPJ, Rukman Syamsudin (44), menceritakannya saat ditemui di Yayasan YRPJ, Jalan Raya Cianjur-Bandung Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Kamis (28/10/2021) petang.

Pada tahun pertama pendiriannya, mereka hanya bisa menyewa sebuah rumah kecil di dalam gang. Di rumah kecil itulah mereka mulai merawat para penyandang disabilitas mental.

"Rumah kecil itu dihuni 30 orang, sementara kapasitasnya hanya 20, tapi itu perjuangan dan kenangan dalam perjalanan membawa yayasan ini," ujar Rukman sambil tertawa.

Baca juga: Bahagianya Penyandang Disabilitas di Indramayu Dapat Bantuan Ini, Bersyukur Masih Ada yang Peduli

Karena umah yang kecil itu tak memadai untuk merawat para penyandang disabilitas mental sebanyak itu, Rukman pun akhirnya memberanikan diri mencari tempat yang lebih luas agar lebih pas dan tentu lebih fokus dalam penyembuhan.

Dari hasil negosiasinya dengan pemilik tempat yang baru dan lebih representatif itu, Rukman Syamsudin akhirnya bisa menyewa rumah baru itu Rp 40 juta per tahun.

"Di tempat baru ini kapasitasnya bisa 60 sampai 70 orang," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved