Breaking News:

Bandung Miliki Sekolah Lansia Kedelapan, Yana Berharap Orangtua Makin Eksis dan Produktif Agar Sehat

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana resmi membuka sekolah lansia di Kecamatan Astanaanyar, tepatnya di Rumah Pintar Jalan Astanaanyar No 164

Penulis: Tiah SM | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/TIAH SM
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan Rumah Pintar, Jalan Astanaanyar No 164, Kota Bandung Jumat (29/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana resmi membuka sekolah lansia di Kecamatan Astanaanyar, tepatnya di Rumah Pintar Jalan Astanaanyar No 164 Kelurahan Nyengseret, Jumat (29/10).

Total kini sudah ada delapan sekolah di delapan kecamatan di Kota Bandung. Yaitu di Kecamatan Antapani, Sukajadi, Ujungberung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, Sumur Bandung, dan Astanaanyar.

Menurut Yana, hadirnya sekolah lansia merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mewujudkan kota ramah lansia.

"Saya berharap Kota Bandung bisa memiliki 30 sekolah lansia di 30 kecamatan. Sehingga kota ramah lansia bisa segera terwujud," ujar Yana.

Menurutnya, lansia seharusnya tidak hanya dijadikan objek pembangunan saja tetapi harus dijadikan subjek.

Sejumlah lansia saat peresmian Rumah Pintar, Jalan Astanaanyar No 164, Kota Bandung Jumat (29/10/2021).
Sejumlah lansia saat peresmian Rumah Pintar, Jalan Astanaanyar No 164, Kota Bandung Jumat (29/10/2021). (TRIBUNJABAR.ID/TIAH SM)

Yana yang menjabat Ketua Komisi Daerah (Komda) Lansia berharap, para lansia bisa terus eksis dan produktif sehingga kesehatannya tetap terjaga.

"Untuk menuju itu tentu saja sistem pembangunan ramah lansia harus dibangun melalui edukasi dan pembelajaran teknis. Salah satunya dengan pendirian sekolah lansia," ujarnya.

Di Kota Bandung terdapat 294.148 lansia atau 11,86 persen dari jumlah penduduk.

"Ini menjadi tantangan bagi semua. Lansia harus menjadikan tetap produktif menghasilkan karya. Minimal para lansia ada kesibukan untuk mengisi waktu," tuturnya.

Sekretaris Komda Lansia Kota Bandung, Ati mengungkapkan, rencananya sekolah lansia hanya diikuti oleh 30 orang peserta. Tapi ternyata kehadiran sekolah lansia mendapat respon yang luar biasa.

"Animo lansia sangat besar. Mungkin karena mereka merindukan suasana daripada diam di rumah. Karena kalau di sini mereka bisa berkegiatan, bertukar pikiran dan bertemu dengan teman," katanya.

Para lansia tersebut nantinya akan mengikuti pelatihan keterampilan selama 15 kali pertemuan.

"Setelah sekolah lansia nanti akan ada wisuda lansia tapi itu diperuntukan untuk angkatan 2020. Insyaallah nanti akan segera dilaksanakan," katanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved