Breaking News:

Mengenal Sosok Rukman Syamsudin, Relawan yang Sudah Merawat 300 Penyandang Disabilitas Mental

Perjuangan mendirikan yayasan yang konsen di penyembuhan orang disabilitas mental ini tak semudah membalikan tangan bagi Rukman Syamsudin (44)

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Kegiatan edukasi dilakukan Rukman Syamsudin selepas salat Magrib di Yayasan Rumah Pulih Jiwa untuk para penyandang disabilitas mental 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Setiap yang berkecimpung di dunia sosial pasti mengenal Yayasan Rumah Pulih Jiwa di Cianjur.

Sebuah tempat bagi Disabilitas mental yang sudah dua tahun berdiri ini, terus aktif berkegiatan sosial terutama membantu penyembuhan.

Perjuangan mendirikan yayasan yang konsen di penyembuhan orang disabilitas mental ini tak semudah membalikan tangan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua YRPJ, Rukman Syamsudin (44).

Tahun pertama menyewa sebuah rumah kecil di dalam gang untuk para penyandang disabilitas mental ternyata membuat banyak kenangan baginya.

Baca juga: BPBD Kota Sukabumi Bersama Relawan Turut Cari Warga Kota yang Tenggelam di Pantai Karangnaya

"Rumah kecil dengan penghuni 30 orang tentu selalu ada gesekan, namanya orang sakit, tapi itu perjuangan dan kenangan dalam perjalanan membawa yayasan ini," ujarnya ditemui di Yayasan YRPJ, Jalan Raya Cianjur-Bandung Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Kamis (28/10/2021) petang.

Ia mengatakan, penghuni 30 pasien di tempat lama jelas overload karena kapasitas rumah hanya untuk 20 orang.

Alhasil ia memberanikan diri mencari tempat yang lebih luas agar lebih pas dan tentu lebih fokus dalam penyembuhan. Ia melakukan negosiasi dengan pemilik tempat baru yang lebih representatif dan akhirnya diperbolehkan dengan sewa Rp 40 juta pertahun

"Di tempat baru ini kapasitasnya bisa 60 sampai 70 orang," katanya.

Ia mengatakan, para penghuni yang ada terdiri dari berbagai kasus, ada beberapa korban pasung, lalu ada juga yang depresi pulang dari luar negeri, terakhir ada dari jalanan, dan sebagian titipan keluarga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved