Breaking News:

Tetap Patuhi Prokes, Berikut Faktor Pemicu Gelombang Ketiga Covid-19 Menurut Pakar Epidemiolog

Indonesia diprediksi akan mengalami gelombang ketiga Covid-19 pada Desember 2021-Januari 2022.

Editor: Siti Fatimah
Kompas.com
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah melakukan sejumlah kelonggaran dalam kebijakan untuk daerah dengen status level 1 dan 2. Namun kelonggaran ini perlu diwaspadai karena dapat memicu atau memunculkan kasus baru Covid-19

Hal inilah yang diantisipasi pemerintah terutama menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Berkaca pada kasus libur lebaran, terjadinya lonjakan, maka pemerintah juga mengantisipai adanya gelombang ketiga kasus Covid-19.

Baca juga: Alat Pelacak Covid-19 Buatan Unpad Ditawarkan di Dubai Expo 2021, Jadi Bagian Produk Unggulan

Indonesia diprediksi akan mengalami gelombang ketiga Covid-19 pada Desember 2021-Januari 2022.

Dikutip dari laman resmi UGM, Pakar epidemiologi UGM, dr. Riris Andono Ahmad, M.P.H., Ph.D., menyebutkan bahwa gelombang ketiga Covid-19 adalah sebuah keniscayaan.

“Kemungkinan adanya gelombang Covid-19 berikutnya adalah sebuah keniscayaan. Tinggal pertanyaanya itu kapan terjadi dan seberapa tinggi ini sangat tergantung dengan situasi yang berkembang di masyarakat,” paparnya Jumat (22/10).

Riris mengatakan munculnya gelombang Covid-19 ketiga atau gelombang-gelombang berikutnya sangat tergantung pada kondisi di masyarakat.

Baca juga: UPDATE CORONA, Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Kembali Turun, Kini Urutan 88 Dunia

Menurutnya, mobilitas interaksi sosial dan kepatuhan dalam implementasi 3 M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker di masyarakat merupakan situasi yang bisa memicu gelombang Covid-19 ketiga nantinya.

Direktur Pusat Kajian Kedokteran Tropis UGM ini menyampaikan bahwa virus Covid-19 masih terus ada dan tidak sedikit orang yang tidak memiliki kekebalan.

Sementara, pada orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19, kekebalan yang didapat pun akan menurun seiring berjalannya waktu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved