Breaking News:

Cerita Nasabah BRI Sukses yang Usahanya Berkembang, Memiliki Penghasilan Rp 900 Juta Per Bulan

Agen BRI Link ini mengaku bisa meraih kesuksesan setelah mendapat suntikan modal dari BRI dengan cicilan yang ringan hingga usahanya berkembang

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Nardi S.Pd (42), seorang nasabah BRI asal Kampung Cikawari Nomor 3, RT 3/3, Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kini bisa menjadi pengusaha sukses berpenghasilan ratusan juta per bulan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Nardi, S.Pd, (42) seorang nasabah BRI asal Kampung Cikawari Nomor 3, RT 3/3, Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kini bisa menjadi pengusaha sukses berpenghasilan ratusan juta per bulan.

Pria kelahiran Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, yang juga sebagai Agen BRI Link ini mengaku bisa meraih kesuksesan setelah mendapat suntikan modal dari BRI dengan cicilan yang ringan hingga membuat beberapa usahanya bisa berkembang pesat seperti saat ini.

Nardi mengatakan, kesuksesan itu bermula setelah meminjam uang ke BRI pada tahun 2002 sebesar Rp 4 juta untuk uang tambahan membeli tanah yang harganya saat itu Rp 11 juta, lalu dua tahun kemudian tanah itu digunakan untuk membeli rumah.

Baca juga: Jadi Agen BRI Link, Berikan Banyak Keuntungan, Bisa Bantu Mempekerjakan Orang dengan Upah Diatas UMR

"Setelah membeli rumah saya usaha berjualan bakso dorong, lalu punya tiga konter HP. Tahun 2009 saya masuk pasar dengan bantuan modal dari BRI," ujarnya saat ditemui Tribun Jabar di rumahnya, Senin (25/10/2021).

Di pasar itu, kata dia, dirinya membuka usaha penggilingan mie dan saat ini sudah memiliki dua kios yang dilengkapi dengan dua mesin. Kemudian pada tahun yang sama, usaha bakso dan mie ayamnya pun terus berkembang hingga memiliki 7 roda.

"Seiiring berjalannya waktu terus berkembang. Kemudian tahun 2012 saya merenovasi rumah ini. Yang bawah digunakan untuk pertokoan dan yang atas sebagai tempat tinggal," kata Nardi.

Setelah rumahnya selesai, Nardi pun membuka minimarket dan usaha ini juga berjalan sukses hingga akhirnya pada tahun 2016 mendapat pembiayaan modal lagi Rp 800 juta untuk membuka Agen BRI Link.

"Uang itu untuk buka Agen BRI Link, kedua untuk buka rental mobil yang sekarang sudah punya lima unit. Terus punya bengkel las, alhamdulillah sekarang sudah dibawah naungan CV. Sekarang usaha bakso juga susah ada 3 kios yang besar," ucapnya.

Selain usaha itu, Nardi juga memiliki usaha lain seperti usaha tempat isi ulang air, gas, dan saat ini tengah mengembangkan usaha hidroponik dengan menanam sosin, seledri, dan kangkung dengan 10.700 lubang.

Baca juga: Dari Jual Pakaian Beralih Jadi Agen BRI Link, Ibu Rumah Tangga Ini Bisa Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Dengan berbagai usaha yang dijalani Nardi, tentu saja membuat pundi-pundi rupiahnya terus bertambah karena pemasukannya datang dari beberapa sumber usaha, hingga akhirnya bisa merasakan kesuksesan setelah menjadi nasabah dan agen BRI.

"Omzet dari semua usaha saya, dalam satu bulan bisa mendapat Rp 700 juta hingga Rp 900 juta. Itu di luar pendapatan dari Agen BRI Link. Paling besar omzet saya dari minimarket yakni Rp 12 juta sampai Rp 14 juta per hari kalau keadaan lagi baik," ujar pria yang memiliki tiga orang anak ini.

Sedangkan jika minimarketnya sedang sepi, Nardi bisa mendapat keuntungan Rp 8 juta saja per hari. Dengan penghasilan seperti itu, maka tak heran dia bisa mendapat omzet ratusan juta dari semua usahanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved