Breaking News:

Warga Purwakarta yang Terjerat Pinjol Bisa Lapor ke Baznas Untuk Dibantu Pelunasan, Begini Syaratnya

Kabar baik bagi warga Purwakarta yang terjerat pinjol Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purwakarta memberikan kesempatan bagi yang tak mampu bayar

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Badan Amil Zakat Nasional, Kabupaten Purwakarta 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kabar baik bagi warga Purwakarta yang terjerat pinjaman online (pinjol) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta memberikan kesempatan bagi para mustahik yang tak mampu membayar hutang untuk dibayarkan oleh Baznas.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini ramai diperbincangkan perihal persoalan warga terjerat pinjol ilegal.

Ketua Baznas Purwakarta Safarudin mengatakan, pihaknya siap membantu, jika mereka yang terjerat pinjol termasuk dalam kategori asnaf zakat, sesuai yang disebutkan dalam Al Quran Surah At-Taubah ayat 60.

"Korban pinjol itu memang dikategorikan kedalam garimin, karena dia punya hutang, ada asnaf nya memang, dan itu termasuk dalam kategori yang visa dibantu oleh Baznas," ujar Safarudin ketika ditemui Tribunjabar.id di Kantor Baznas, Jalan Basuki Rahmat Kabupaten Purwakarta, Selasa (26/10/2021).

Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta Safarudin
Ketua Baznas Kabupaten Purwakarta Safarudin (TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA)

Safarudin mengungkapkan, kategori garimin yang berhutang atas dasar kebutuhan pribadi atau lembaga memang bisa dibantu. Bahkan pihaknya sudah beberapa kali membantu menyelesaikan permasalahan hutang tersebut.

"Kalau masalah hutang sering, tapi untuk korban pinjol belum karena belum ada laporan. Kita sistemnya bukan jemput bola, kalau ada permohonan kita tentu tindak lanjuti," kata dia.

Sementara untuk proses pengajuan permohonan bantuan Baznas sendiri, dikatakan Safarudin harus melengkapi dokumen yang sesuai dengan ketentuan.

Sebab Baznas merupakan lembaga publik yang keuangannya juga diaudit oleh publik. Sehingga pelaporan dipertanggungjawabkan secara umum kepada para pemberi zakat.

Perhatikan Syaratnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved