Breaking News:

Prestasi Melejit Perenang Ciamis Tanpa Kolam Bagus, Bupati Siap Bangun Kolam Standar Internasional

Kerja keras atlet untuk meraih prestasi, kadang para atlet tersebut terpaksa latihan renang di Tasikmalaya, karena di Ciamis tidak memenuhi standar

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Dok. Keluarga
Dheya Nazhira (17) siswi SMAN 1 Ciamis, peraih medali emas nomor 50 meter fin putri cabor selam di PON XX Papua. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Sangat mengejutkan dari 23 medali (10 emas, 7 perak dan 6 perunggu) yang dipersembahkan atlet PON Jabar asal Ciamis, sebanyak 15 medali lahir dari kolam renang di arena PON XX Papua.

Masing-masing 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu.

Dengan perincian, atlet Triadi Fauzi Sidiq dengan raihan  7 medali dari cabor renang. Yakni 3 medali emas (50 meter bebas putra, 100 meter ebas putra dan estafet  4 x 100 meter putra), 1 medali perak (estafet 4 x 200 meter puta) dan 2 perunggu (100 meter kupu-kupu dan 50 meter gaya kupu-kupu putra).

Berikut; Raina Saumi Grahana persembahkan  6 medali dari cabor renang. Dengan rincian  1 medali emas 400 meter bebas putri,  3 medali perak (5.000 meter AWS, 800 meter gaya bebas, estafet  4 x 100 m ganti putri) dan 2 perunggu (esateft 4 x 100 meter bebas putri dan nomor perorangan ).   

Serta Dheya Nazhira Nuramalina raih 2 medali dari cabor selam. Yakni 1 medali emas nomor 50 meter bifin putri dan 1 medali perunggu estafet 4 x 50 m putri).

Sebanyak 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu tersebut terlahir dari kolam renang. Sementara Ciamis sampai saat ini, setelah 76 tahun Indonesia merdeka, kolam renang prestasi dengan ukuran standar panjang 50 meter.

Kerja keras atlet untuk meraih prestasi, kadang para atlet tersebut terpaksa latihan renang di Tasikmalaya di Dadaha maupun di Mangkubumi. Karena di Ciamis kolam renang yang ada tidak memenuhi ukuran standar.

“Latihan rutin, memang di Ciamis di Gunung Daweg  Sindangkasih, tapi ukurannya tidak standar,” ujar Dheya Nazhira (17), atlet peraih medali emas cabor selam PON XX Papua kepada Tribun dan wartawan lainnya usai menerima kadeudeuh di Aula Setda Ciamis, Selasa (26/10).

Untuk mengasah prestasi menurut Dheya, setiap seminggu sekali berlatih di kolam prestasi dengan ukuran standar di Mangkubumi Tasikmalaya.

Dan menjelang persiapan seleksi atlet untuk SEAGames menurut Dheya, ia juga dijadwalkan segera berlatih renang di Bandung. “Tinggal menunggu waktu pastinya, nanti latihan rutinnya di Bandung,” katanya.

Menurut Dheya, uang kadeudeuh yang sudah diterimanya dari Bupati Ciamis akan digunakan untuk kepentingan sehari. Terlebih untuk persiapan seleksi atlet untuk SEAGames. “Termasuk juga untuk jaga kesahatan dan nutrisi,” ujar Dheya.

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya kepada Tribun dan wartawan lainnya usai menyerahan kadeudeuh untuk para atlet PON Jabar asal Ciamis di aula Setda Ciamis Selasa (26/10) siang mengakui bahwa di Ciamis belum ada kolam renang prestasi dengan ukuran standar.

“Tahun depan kita bangun kolam renang prestasi dengan ukuran standar. Lokasi lahan sudah ada, tinggal alokasi anggaran,” ujar Bupati Herdiat.

Dengan adanya kolam renang prestasi dengan ukuran standar tersebut diharapkan prestasi atlet renang dan selam Ciamis semakin melejit . (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved