Breaking News:

Polres Purwakarta Gencarkan Vaksinasi Keliling Pelosok Desa Untuk Percepat Herd Immunity

Polres Purwakarta meluncurkan program vaksinasi Covid-19 keliling sebagai terobosan untuk mempercepat vaksinasi di Purwakarta.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Irvan Maulana
Vaksinasi drive thru di Mapolres Purwakarta 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Polres Purwakarta meluncurkan program vaksinasi Covid-19 keliling sebagai terobosan untuk mempercepat vaksinasi di Purwakarta.

Wakapolres Purwakarta Kompol Satrio Prayogo mengatakan, Si Covling atau vaksinasi Covid-19 keliling ini merupakan program mendekatkan proses vaksinasi COVID-19 kepada warga karena bisa berkeliling ke berbagai wilayah serta desa di Purwakarta.

"Sasaran wilayah vaksinasi kita saat ini lebih pada pelosok desa, dusun-dusun dan perkampungan. Karenanya kami hadirkan kendaraan yang dapat menuju ke tempat tersebut dan nantinya tenaga kesehatan kita akan berkolaborasi dengan bidan desa setempat, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa," ujar Wakapolres, Selasa (26/10/2021).

Prosedur pelaksanaan vaksinasi tersebut, dijelaskan Wakpolres Purwakarta, pihaknya menerima data warga yang belum divaksin dari ketua RW maupun RT setempat. Setelah data terkumpul, Bhabinkamtibmas akan mengirimkan mobil vaksin keliling ke tempat tujuan.

Baca juga: Jangan Segan Ajukan Bantuan Utang ke Baznas Purwakarta, Ternyata Sering Bantu Korban Bank Emok

”Ini upaya kita memperbanyak vaksinasi di Kabupaten Purwakarta. Ada yang gerai, drive true, dan Si Covling ini," kata dia.

Dengan adanya kendaraan vaksinasi keliling ke pelosok desa ini, kata dia, diharapkan masyarakat yang belum di vaksin dapat memanfaatkan layanan ini. Khususnya bagi para lansia, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke gerai vaksin.

"Gerai mobil vaksinasi keliling dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat, terutama para lansia," imbuhnya.

Peluncuran program Si Covling ini berdasarkan banyaknya warga yang tidak sempat harus keluar dari rumah dan menuju ke Puskesmas hanya untuk divaksin. Vaksinasi bisa lebih mudah jika dilakukan lebih dekat menjangkau warga.

"Intinya dengan ini kita bisa mencakup masyarakat yang mau divaksin tapi tidak sempat mendatangi gerai-gerai yang disediakan. Kami berharap mobil vaksin ini bisa memutus mata rantai COVID-19 sehingga tercipta herd immunity secepatnya di Kabupaten Purwakarta," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved