Breaking News:

Dinilai Relevan, Buruh di Purwakarta Tuntut Kenaikan Upah 10 Persen, Minta Batalkan UU Cipta Kerja

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Purwakarta kembali turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Pemkab Purwakarta,

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/IRVAN MAULANA
Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Purwakarta berunjuk rasa di Kantor Pemkab Purwakarta, Selasa (26/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Purwakarta kembali turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Pemkab Purwakarta, Selasa (26/10/2021).

Para buruh menuntut empat poin penting kepada pemerintah, yakni kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 sebesar 10 pesen, memberlakukan upah di atas upah minimum 2021 dan 2022, batalkan Omnibuslaw Undang-Undang Cipta Kerja dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) tanpa Omnibuslaw.

Ketua FSPMI Kabupaten Purwakarta, Fuad BM mengatakan, aksi kali ini merupakan upaya perjuangan peningkatan kesejahteraan para buruh di tengah UU Cipta Kerja.

Kenaikan UMK sebesar 10 persen tersebut dinilai relevan karena nilai upah di Purwakarta relatif kecil dibanding daerah lain.

Sebut saja UMK Kabupaten Karawang yang merupakan UMK tertinggi nasional hari ini sebesar Rp 4,9 juta per bulan.

"UMK Purwakarta hari ini hanya sekitar 4,1 juta. Jadi kami minta kenaikan 10 persen. Kami berharap ada diskresi dari Bupati agar bisa terealisasi," kata Fuad usai audiensi di Kantor Pemkab Purwakarta.

Jika tuntutan ini tersebut tidak terealisasi, Fuad menegaskan akan melakukan mogok kerja daerah dengan mengajak organisasi buruh lain seperti yang pernah terjadi pada tahun 2013.

"Kami melakukan aksi ini secara berjenjang, sedikit demi sedikit, kalau tidak terealisasikan kenapa tidak kita mogok daerah," kata dia.

Dari empat poin tuntutan tersebut, ditegaskan Fuad. Tuntutan PKB tanpa Omnibuslaw ranahnya ada di tingkat perusahaan yang sifatnya umum.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved