Breaking News:

Ciamis Tak Punya Kolam Renang Standar , Bupati Herdiat Sunarya: Tahun Depan Kita Bangun

Ciamis tak punya kolam renang standar nasional, namun 5 atletnya sumbang medali emas di PON Papua dari cabor renang

Penulis: Andri M Dani | Editor: Mega Nugraha
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Usai menerima uang kadeudeuh para atlet asal Ciamis peraih medali di arena PON XX Papua foto bersama dengan Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya, Wabup Yana D Putra, Sekda H Tatang dan unsur Forkopimda Ciamis serta Ketua KONI Ciamis, H Yasmin Sambas, Selasa (26/10/2021). 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Dari 23 medali yang terdiri dari 10 emas, 7 perak dan 6 perunggu yang dipersembahkan atlit PON Jabar asal Ciamis, 15 medali lahir dari kolam renang di arena PON Papua.

Masing-masing 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu.

Dengan rincian atlet peraih medali bernama  Triadi Fauzi Sidiq dengan raihan  7 medali dari cabor renang. Yakni 3 medali emas di nomor 50 meter bebas putra, 100 meter bebas putra dan estafet  4 x 100 meter putra, 1 medali perak di estafet 4 x 200 meter puta dan 2 perunggu di 100 meter kupu-kupu dan 50 meter gaya kupu-kupu putra.

Berikutnya; Raina Saumi Grahana persembahkan  6 medali dari cabor renang. Dengan rincian  1 medali emas 400 meter bebas putri,  3 medali perak di 5.000 meter AWS, 800 meter gaya bebas, estafet  4 x 100 m ganti putri dan 2 perunggu di esateft 4 x 100 meter bebas putri dan nomor perorangan.   

Baca juga: Bupati Berikan Kadeudueh untuk Atlet PON Asal Ciamis yang Sebelumnya Diarak Pakai Bus Gatrik

Serta Dheya Nazhira Nuramalina raih 2 medali dari cabor selam. Yakni 1 medali emas nomor 50 meter bifin putri dan 1 medali perunggu estafet 4 x 50 m putri).

Sebanyak 5 medali emas, 5 medali perak dan 5 medali perunggu tersebut terlahir dari kolam renang. Sementara Ciamis sampai saat ini, setelah 76 tahun Indonesia merdeka, belum punya kolam renang dengan ukuran standard panjang 50 meter.

Kerja keras atlit untuk meraih prestasi, atlet renang asal Ciamis justru harus latihan renang di Tasikmalaya di Dadaha maupun di Mangkubumi. Karena di Ciamis kolam renang yang ada tidak memenuhi ukuran standard.

“Latihan rutin, memang di Ciamis di Gunung Daweg  Sindangkasih, tapi ukurannya tidak standard,” ujar Dheya Nazhira (17), atlit peraih medali emas cabor selam PON XX Papua kepada Tribun dan wartawan lainnya usai menerima kadeudeuh di Aula Setda Ciamis, Selasa (26/10).

Untuk mengasah prestasi menurut Dheya, setiap seminggu sekali berlatih di kolam prestasi dengan ukuran standard di Jalan Mangkubumi Tasikmalaya.

Dan menjelang persiapan seleksi atlit untuk SEAGames menurut Dheya, ia juga dijadwalkan segera berlatih renang di Bandung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved