Breaking News:

Merasakan Keragaman Kopi Nikmat di Festival Kopi Sumedang, Datang Yuk! Catat Waktunya

Penikmat kopi bisa datang ke Festival Kopi Sumedang yang akan digelar dua hari. Di sini tempatnya.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Kiki Andriana
Pohon kopi liberika di SMK PPN Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kopi di wilayah Sumedang telah diperkenalkan oleh penjajah Belanda sejak akhir abad ke-17. 

Dahulu, wilayah-wilayah yang subur dan dikenal penghasil kopi, bahkan hingga kini, di Sumedang yakni Rancakalong dan Tanjungsari.

Dulu dua daerah itu masuk ke wilayah administratif Kabupaten Parakanmuncang.

Kopi kemudian menjadi komoditas yang berkelindan dengan kebudayaan Sunda di Sumedang, yang semakin ke mari, kopi menjadi barang seni. 

Kopi dihargai keberagaman jenisnya, keberagaman cara pengolahannya, keberagaman cita rasanya, kemulusan bijinya, hingga bagaimana kopi disajikan dalam gelas. 

Menikmati kopi Sumedang, mungkin bisa sekaligus bertamasya ke masa lampau, ke masa hasil panen kopi di Sumedang dan Parakanmucang dikumpulkan kemudian ditransportasikan melalui jalur sungai ke Batavia. 

Oktober ini, Pemerintah Kabupaten Sumedang menyelenggarakan acara menikmati kopi Sumedang. Acara ini bernama Festival Kopi Sumedang

Festival ini akan berlangsung pada 26-27 Oktober 2021 di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang

Ketua Pelaksana Festival Kopi Sumedang, Rauf Nuryama mengatakan acara tersebut diikuti oleh para pelaku usaha kopi Sumedang.

"Berbagai jenis kopi Sumedang akan disajikan. Dan para pengunjung akan dimanjakan dengan cita rasa kopi asli Sumedang yang dapat dinikmati secara gratis," ujar Rauf kepada TribunJabar.id, Senin (25/10/2021).

Pada rangkaian Festival Kopi Sumedang ini, kata Rauf, akan dilakukan business matching, di mana akan ada pertemuan antara pembeli (buyer) dan pelaku usaha kopi Sumedang.

"Kami telah mengundang buyer kopi yang sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia, ada juga buyer dari perwakilan negara sahabat, ada buyer umum termasuk perhimpunan pengusaha pariwisata seperti PHRI, PUTRI, pengusaha kafe, dari dalam kota maupun luar kota Sumedang," kata Rauf.

Baca juga: Penggemar Kopi Wajib Tahu, Nikmatnya Aroma dan Rasa Kopi Ciwidey di Rich Bean Coffe

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved