Breaking News:

Kisah Rumah Lahir Raden Machjar Angga Koesoemadinata di Sumedang, Musikolog Sunda Pertama di Jawa

Di rumah itu pernah terlahir seorang ahli musik Sunda, bahkan dinobatkan sebagai musikolog pertama di Pulau Jawa, Raden Machjar Angga Koesoemadinata

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Suasana rumah musikolog Sunda, Raden Machjar Angga Koesoemadinata, Lingkungan Citamiang RT04/02 Kelurahan Kota Kulon, Sumedang Selatan, Minggu (24/10/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR. ID, SUMEDANG - Hangat matahari berkelindan dengan sejuk angin dari Taman Hutan Raya Gunung Kunci, Kabupaten Sumedang,  Jawa Barat. 

Semilir angin itu sampai juga di halaman sebuah rumah yang berpagar rumput rapi setinggi dada orang dewasa.

Rumah di pinggir jalan di Lingkungan Citamiang RT04/02 Kelurahan Kota Kulon, Sumedang Selatan, Sumedang itu cantik dan tampak terawat. 

Sebagian ornamen rumah tersebut menunjukkan bahwa rumah itu adalah rumah zaman dulu.

Susunan batu di tembok bagian bawah semakin menegaskan bahwa rumah itu bergaya zaman penjajahan. Meski sebagian ornamen lainnya sudah modern. 

Sekilas, rumah itu seperti rumah-rumah tua pada umumnya di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun, sesungguhnya rumah itu bernilai sejarah

Di rumah tersebut pernah terlahir seorang ahli musik Sunda, bahkan dinobatkan sebagai musikolog pertama di Pulau Jawa. Dia adalah Raden Machjar Angga Koesoemadinata. 

Raden Machjar adalah penemu sistem notasi nada dalam musik Sunda, da-mi-na-ti-la-da. Dia juga yang menemukan 17  tangga nada dalam jalinan pelog dan salendro. 

Di rumah itu, Raden Machjar lahir pada 7 Desember 1902. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved