Breaking News:

Jalani Ritual Pindah Agama dari Islam ke Hindu, Sukmawati Turut Undang Presiden Jokowi

Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu. Ritual pindah agama itu akan dijalani Sukmawati di Buleleng, Bali.

Editor: Mega Nugraha
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
DISKUSI KEBANGSAAN - Ketua Umum PNI Marhaenisme, Sukmawati Soekarnoputri menyampaikan sambutannya pada diskusi kebangsaan bertajuk Siaga Pancasila, di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Senin (15/5/2017). Sebelum menghadiri diskusi, putri Bung Karno ini mendatangi Mapolda Jabar menindaklanjuti pelaporannya tentang tindak pidana penodaan terhadap lambang dan dasar negara dengan terlapor Imam Besar FPI, Habieb Rizieq Shihab. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu. Ritual pindah agama itu akan dijalani Sukmawati pada Selasa (26/10/2021) di Sukarno Heritage Bale Agung Singaraja, Buleleng, Bali.

"Kegiatan ibu Sukmawati untuk pindah ke agama Hindu itu dilaksanakan pada 26 Oktober di Singaraja, bertepatan dengan 70 tahun ulang tahun beliau," kata Arya Wedakarna dikutip dari Kompas.com, Sabtu (22/10/2021).

Arya Wedakarna menyebut, persiapan ritual pindah agama putri Presiden RI Soekarno itu sudah disiapkan jauh hari.

Baca juga: Kisah Cinta Heldy Djafar, Saat Belia Sudah Dinikahi Soekarno: Susah Cari Orang Seperti Bung Karno

Bahkan kata dia, keputusan Sukmawati untuk pindah agama pun sudah dipikirkan jauh-jauh hari.

"Prosesnya sama seperti masyarakat biasa, ada proses upacara adat Sudhiwadani, disaksikan parisdha, dan juga tokoh-tokoh hindu, dan memang sangat terbatas dan menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Salah satu pertimbangan pindah agama, Sukmawati karena mengikuti agama yang dianut neneknya sekaligus ibu Soekarno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, warga Buleleng, Bali.

Pihaknya mengundang sejumlah tokoh termasuk Presiden Jokowi untuk menghadiri ritual pindah agama tersebut namun belum memastikan kehadirannya.

Baca juga: Akan Ada Gelombang Ketiga Covid-19? Yuk Jaga Kekebalan Tubuh dengan Rendaman Buah Ini

"Mungkin ini perjalanan spritual yang beliau jalankan sampaikan kemudian beliau memutuskan ke agama Hindu," pungkasnya.

Profil Sukmawati

Sukmawati merupakan anak ke empat Presiden RI Soekarno dengan Fatmawati yang memiliki lima orang anak, antara lain:

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved