Anak Mantan Presiden RI Akan Jalani Ritual Pindah Agama Hindu, Ini Waktu dan Lokasinya

Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri yang merupakan putri presiden pertama Indonesia, Soekarno, akan menjalani ritual pindah agama, Selasa (26/10/2021

Editor: Giri
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari Islam ke Hindu, Selasa (26/10/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BALI - Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri yang merupakan putri presiden pertama Indonesia, Soekarno, akan menjalani ritual pindah agama, Selasa (26/10/2021).

Sukmawati akan pindah agama dari Islam ke Hindu.

Ritual akan dilaksanakan di Kawasan Sukarno Heritage Bale Agung Singaraja, Buleleng, Bali.

Penanggung jawab acara yang juga Kepala Soekarno Center Arya Wedakarna mengatakan, pelaksanaan ritual tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-70 Sukmawati Soekarnoputri.

"Kegiatan ibu Sukmawati untuk pindah ke agama Hindu itu dilaksanakan pada 26 Oktober di Singaraja, bertepatan dengan 70 tahun ulang tahun beliau," kata Wedakarna kepada Kompas.com, Sabtu (22/10/2021).

Wedakarna menyebutkan, persiapan pelaksanaan ritual pindah agama yang akan dilakukan oleh Sukmawati sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Kepindahan Sukawati dari Islam ke Hindu dilakukan dalam rangka mengikuti agama yang dianut neneknya sekaligus ibu Soekarno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, yang merupakan warga asli Buleleng, Bali.

"Prosesnya sama seperti masyarakat biasa, ada proses upacara adat Sudhiwadani, disaksikan parisdha, dan juga tokoh-tokoh Hindu, dan memang sangat terbatas dan menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Berdasarkan pengakuan Sukmawati, kata Wedakarna, ritual pindah agama itu sudah disetujui oleh seluruh keluarga Soekarno.

Termasuk Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra, dan Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra.

Bahkan, tiga anak Sukmawati yakni, Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati, dan Muhammad Putra Perwira Utama telah merestuinya.

"Sudah dengan persetujuan putra putri beliau ada tiga orang, kemudian persetujuan keluarga Bung karno, kakak-kakak beliau, Ibu Mega, Pak Guruh, Pak Guntur," kata dia.

Ia menyebutkan, pihaknya telah menyebar undangan kepada seluruh keluarga besar Soekarno, Presiden Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Namun, dia belum bisa memastikan seluruh undangan hadir karena acara digelar secara terbatas dan sederhana.

Terpenting, lanjut dia, proses ritual pindah agama ke Hindu yang akan dijalani Sukawati bisa berjalan dengan lancar.

"Mungkin ini perjalanan spritual yang beliau jalankan sampaikan kemudian beliau memutuskan ke agama Hindu," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sukmawati Soekarnoputri Akan Jalani Ritual Pindah Agama Hindu di Buleleng Bali", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/10/23/222147578/sukmawati-soekarnoputri-akan-jalani-ritual-pindah-agama-hindu-di-buleleng.

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved