Breaking News:

Stop Malas Gerak Selama Pandemi Covid-19, Bila Tidak Ingin Berisiko Alami Ini

Masyarakat tetap perlu melakukan latihan fisik selama di rumah, terutama fokus pada penguatan dan peregangan tulang maupun keseimbangan.

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi osteoporosis 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Saat pandemi Covid-19, pemerintah sempat meminta agar masyarakat tak keluar rumah bila tak ada kepentingan mendesak. Saat awal-awal Covid-19, ada pembatasan aktivitas masyarakat termasuk work from home dan belajar dari rumah.

Dengan adanya pembatasan aktivitas inilah, membuat  masyarakat menjadi malas gerak.

Dikutip dari laman resmi Unair, dari kurangnya aktivitas fisik hingga kebiasaan makan yang tidak sehat menjadi faktor risiko yang besar untuk seseorang mengalami osteoporosis.

Baca juga: Orang yang Miliki Kebiasaan Ini Ternyata Rentan Terkena Osteoporosis, Ini Penyebabnya

Karena itu, masyarakat tetap perlu melakukan latihan fisik selama di rumah, terutama fokus pada penguatan dan peregangan tulang maupun keseimbangan.

Hal itu disampaikan oleh dr. Udria Satya Pratama, Sp.OT pada acara Podcast in Hospital (PIH) yang digelar oleh Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) melalui platform Instagram TV (20/10/2021).

Acara yang digelar untuk merayakan hari osteoporosis sedunia ini mengangkat tema Seputar Osteoporosis dan Mitos Fakta dalam Berolahraga.

Dokter yang akrab dipanggil Udria itu menyampaikan bahwa malas gerak menjadi faktor risiko seseorang untuk terkena osteoporosis, hal itu dikarenakan tulang perlu dilatih agar tidak mengalami penipisan.

“Tulang itu hampir sama seperti otot, jadi kalau tidak dilatih dia akan menipis. Sama kayak otot kita, kalau lama tidak dibuat bergerak ya jadi kendor,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengkategorikan ada tiga aktivitas fisik yang dapat dilakukan selama pandemi, dan ketiga aktivitas tersebut harus dilakukan secara seimbang.

Baca juga: Banyak Menyerang Kaum Wanita, Jamur Ini Bisa Mengurangi Risiko Osteoporosis

Strength exercise

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved