Breaking News:

Presiden RI Selanjutnya Masih Harus Orang Sipil, Akademisi dan Peneliti Singgung Rizal Ramli

Akademisi Universitas Paramidana Herdi Sahrasad  mengusulkan kepemimpinan nasional kembali dipegang orang sipil setelah sebelumnya dijabat Joko Widodo

Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar/Muhamad Syarif Abdussalam
Rizal Ramli 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Akademisi Universitas Paramidana Herdi Sahrasad  mengusulkan kepemimpinan nasional kembali dipegang orang sipil setelah sebelumnya dijabat Presiden RI Joko Widodo.

Ia menyebut figur yang tepat untuk memegang kepemimpinan nasional guna membangkitkan kembali Indonesia dari keterpurukan adalah begawan ekonomi, Rizal Ramli.

"Saya melihat Rizal Ramli seorang negarawan, transformer dan problem solver dalam mengatasi keterpurukan ekonomi dan krisis multidimensi guna membangun kembali dan memajukan Indonesia," ujar Herdi Sahrasad, Kamis (21/10/2021).

Ia mengakui, nama Rizal Ramli sangat jarang dimunculkan dalam berbagai survei capres untuk Pilpres 2024. Hal itu tidak lepas dari alasanm karena Rizal Ramli tak disukai oligarki yang ditengarai menjadi pendana beberapa lembaga survei.

Baca juga: PKS Jabar Bersiap Hadapi Pilpres 2024, Tingkatkan Intensitas Komunikasi dengan Masyarakat

"Jadi, masyarakat jangan sampai terkecoh melihat nama-nama figur yang kerap muncul di survei capres. Karena, kalau kita lihat secara jeli, nama-nama itu saja yang selalu dimunculkan. Bisa jadi survei itu sudah didesign sesuai keinginan pemesan," ungkap Herdi.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) DR Jerry Massie, mengatakan, figur pemimpin yang bermodalkan pencitraan hanya membawa Indonesia masuk ke jurang krisis yang lebih dalam lagi. Citra kata dia, bukan

substansi.

Citra terbentuk tidak dengan biaya kecil. Ada biaya spanduk, buzzer, lembaga survei hingga sponsor. Bila figur itu menang, pastinya ada timbal balik untuk sponsor.

"Buktinya yang terjadi hari ini, oligarki mampu mengendalikan kebijakan, seperti UU Omnibul Law, dan lain sebagainya," kata Jerry.

Jerry mengingatkan publik agar tak terkecoh dengan permainan oligarki dalam memframing figur yang diciptakannya.

Masyarakat, kata Jerry, harus melihat sosok pemimpin yang memiliki banyak prestasi, track record yang jelas, dan berani membela rakyat.

Jerry menilai figur begawan ekonom Rizal Ramli sangat layak dipertimbangkan untuk dijagokan sebagai presiden pada Pilpres 2024.

"Masalah Indonesia hari ini salah satunya adalah ekonomi. Saya rasa dengan pengalaman Rizal Ramli yang begitu banyak, seperti mengurangi utang dan menggenjot pertumbuhan ekonomi di era pemerintahan Presiden Gus Dur dari minus 3 persen menjadi positif 4,5 persen jadi bukti bahwa ia mampu menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan bagi Indonesia," ujar Jerry.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved