Breaking News:

Kerja Bakti Masih Manual, Dalam Sehari hanya Bisa Angkut 10 Truk Eceng Gondok dari Waduk Jatiluhur

Hamparan eceng gondok yang menghijaukan waduk Jatiluhur tersebut seolah tak ada habisnya. Terlebih pertumbuhan eceng gondok tergolong cepat

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Irvan Maulana
Masyarakat sekitar waduk Jatiluhur sedang kerja bakti membersihkan hamparan eceng gondok di dermaga Serpis waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (21/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Hasil kerja bakti masyarakat, para nakhoda, dan paguyuban pekerja kolam ikan jaring apung, sehari baru mampu mengangkat 10 truk eceng gondok di Waduk Jatiluhur.

Koordinator Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Jatiluhur Atim Prihantono mengatakan, kerja bakti tersebut diinisiasi berbagai pihak.

"Kita mulai pagi, selain masyarakat dan para nelayan atau paguyuban pekerja kolam, Satpolairud dan Satgas Citarum Harum Sektor 14 juga ikut, namun tenaga kami manual dan terbatas," kata Atim ketika ditemui Tribun di Kantor ASDP Jatiluhur, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Hal Mengerikan Dibalik Hamparan Eceng Gondok di Waduk Jatiluhur, Ada Ular Belang Hingga Sisik Kuning

Hamparan eceng gondok yang menghijaukan Waduk Jatiluhur tersebut seolah tak ada habisnya. Terlebih kecepatan pertumbuhan eceng dibanding tenaga manual membersihkan eceng berbanding sangat jauh.

"Kita bersihkan pinggirnya dulu, itupun kita hanya mampu angkut 10 truk karena tenaga kita ini terbatas," kata dia.

Seperti diketahui persoalan eceng gondok bukan hanya menghambat aktivitas masyarakat, tapi juga menghambat perekonomian masyarakat.

Hamparan eceng gondok di Waduk Jatiluhur yang dibawah pengelolaan Perusahaan Umum Jasa Tirta II tersebut seolah tak henti-henti menuai masalah.

Atim mengatakan, pihaknya bersama Satpolairud dan Satgas Citarum Harum akan mencoba skema pembersihan lain dengan sistem penyekatan.

Baca juga: Tak Hanya Menghambat Laju Perahu, Hamparan Eceng Gondok Juga Hambat Ekonomi Masyarakat Jatilluhur

"Rencananya akan kita sekat dengan tali dan bambu, kalau cuma tali sepertinya gak kuat, kita coba sekat 3 kilometer, bambunya sudah siap sebanyak 2500 batang," imbuhnya.

Dengan sekatan tersebut nantinya, eceng yang disekat akan digeser ke pinggir danau lalu diangkat manual, setelah itu sekatan dibuka dan eceng gondok dari tengah didorong lagi ke pinggir danau.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved