Breaking News:

Kasus Positif Covid Sudah Turun, RS Siloam Purwakarta Tetap Sediakan Gedung Khusus untuk Perawatan

Pada awal Juni 2021 lalu terjadi lonjakan pasien Covid-19 termasuk di Rumah Sakit Siloam Purwakarta, menyebabkan kebutuhan ruang isolasi meningkat.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Giri
Aktivitas di Rumah Sakit Siloam Purwakarta. Kini, pasien rawat inap di Rumah Sakit Siloam Purwakarta kini sudah bisa ditunggu dan dilakukan pemberlakuan kembali jam berkunjung. (Dok. Humas Siloam Purwakarta) 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Purwakarta, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Memasuki bulan ke-19 pandemi Covid-19 di Indonesia, Rumah Sakit Siloam ikut serta berjuang dan berusaha merawat pasien terkonfirmasi Covid-19 agar kembali pulih dan sehat.

Pada awal Juni 2021 lalu terjadi lonjakan pasien Covid-19 termasuk di Rumah Sakit Siloam Purwakarta, yang menyebabkan kebutuhan ruang isolasi, obat-obatan, dan oksigen meningkat.

Namun kondisi tersebut sudah diprediksi dan diantispasi oleh pihak Rumah Sakit Siloam sehingga ketersediaan ruangan isolasi dan obat-obatan serta oksigen tetap tersedia untuk perawatan pasien.

Kepala Layanan Medis Rumah Sakit Siloam Purwakarta, Rika Wulandari, mengatakan, kini kasus Covid-19 di Rumah Sakit Siloam Purwakarta sudah turun drastis bahkan sebagian ruangan perawatan isolasi Covid-19 sudah dilakukan desinfeksi secara menyeluruh dan dialihfungsikan menjadi ruang perawatan umum.

Penggunaan alat pelindung diri (APD) pada tenaga kesehatan juga sudah diturunkan yang sebelumnya level 2 ke level 1.

“Pasien rawat inap di Rumah Sakit Siloam Purwakarta kini sudah bisa ditunggu dan dilakukan pemberlakuan kembali jam berkunjung. Akan tetapi tetap dengan protokol kesehatan ketat,” ujar Rika memalui keterangan tertulisnya, Kamis (21/10/2021).

Kendati demikian, pihaknya tetap memberlakukan clean and safe hospitals, yaitu berupa skrining di akses keluar masuk rumah sakit dengan sistem digital.

Semua dokter, tenaga kesehatan dan non-kesehatan rutin menjalani pemeriksaan kesehatan secara periodik dan mempercepat target vaksinasi Covid-19 yang saat ini sudah mencapai lebih dari 95 persen untuk vakasin dosis ketiga (booster).

“Pandemi ini masih ada dan beberapa kasus positif masih ditemukan. Kami tetap menerima dan melayani pasien dengan keluhan Covid-19, karena fasilitas medis sudah lengkap, bahkan untuk perawatan pasien Covid-19 ditempatkan di gedung khusus yang terpisah dari area gedung utama rumah sakit,” kata dia.

Rika mengatakan, masyarakat  yang mayoritas berasal dari Purwakarta, Subang, dan Karawang (Purwasuka) tidak perlu khawatir untuk berobat atau menjalani rawat jalan ke Rumah Sakit Siloam Purwakarta.

“Kami sampaikan agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman jika memerlukan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Siloam Purwakarta. Jadi tidak perlu khawatir,” ucapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved